Wow, Mobil Keren Ini Hanya Ada 5 Unit di Dunia!

McLaren P1 Carbon Series Edisi Khusus Hanya Diproduksi Lima Unit di Dunia – McLaren selama ini memang dikenal sebagai produsen supercar dengan unit produksi sangat terbatas. Bahkan ada beberapa unit mobil produksi McLaren yang sifatnya made by order, alias hanya dibuat berdasarkan pesanan saja. Nah kali ini, McLaren punya mobil sport super terbaru yang hanya diproduksi sebanyak lima unit saja di seluruh dunia. Wow!

mclaren-p1-carbon-series-edisi-khusus-hanya-diproduksi-lima-unit-di-dunia

Baru-baru ini, McLaren mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi supercar seri McLaren P1 Carbon Series edisi khusus. Produksi unit mobil sport super mewah ini dilakukan secara terbatas setelah mereka sebelumnya sudah memproduksi seri McLaren P1 versi standar yang hanya ada 375 unit saja.

Dijelaskan bahwa McLaren P1 Carbon Series akan dibuat berdasarkan platform dari P1 versi standar. McLaren hanya akan menambahkan sejumlah panel pada bodi yang terbuat dari serat karbon.

Seperti dilansir dari laman Carscoops (2/1), McLaren pun membangun P1 Carbon Series hanya berdasarkan pesanan pemilik versi standarnya saja. Dilaporkan bahwa lima pemilik P1 standar harus merogoh kocek hingga USD200 ribu atau setara dengan kurang-lebih Rp 2,7 miliar untuk diserahkan kepada tim McLaren Special Operation (MSO). Selanjutnya, MSO akan ‘membangun ulang’ P1 dengan menambahkan serat karbon serta aksen merah di bagian side skirt, diffuser, serta sayap belakang dan splitter depan.

Meski mengalami perombakan di bagian eksterior, namun McLaren P1 Carbon Series tetap mengusung spesifikasi teknis mesin yang sama. Supercar  ini masih akan menggendong mesin V8 twin-turbo berkapasitas 3,8 liter yang disandingkan dengan unit motor listrik. Namun tidak dijelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun mobil ini.

Sebagai informasi, semua unit mobil McLaren P1 dibuat sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk membutnya, MSO mempekerjakan 105 orang dengan lama produksi 18 hari per unitnya.

Selama ini, pasar Amerika Serikat menjadi tujuan utama McLaren dengan 34 persen konsumennya ada di negara adidaya tersebut. Selain Amerika Serikat dan sekitarnya, pangsa pasar McLaren adalah kawasan Asia Pasifik, Eropa dan juga Timur Tengah serta Afrika.

Selain memproduksi P1, McLaren juga memproduksi versi balapnya dengan nama McLaren P1 GTR. Pegerjaan P1 GTR sudah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *