Terungkap, Harga Dasar Adik Avanza-Xenia

LCGC 7 Seater Adik Avanza-Xenia Segera Meluncur – Kabar seputar produk kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) tujuh penumpang (7 seater) yang merupakan adik dari Avanza-Xenia semakin menemui titik terang. Kali ini, harga dasar untuk tipe terendah LCGC 7 seater tersebut sudah terungkap melalu data yang bersumber dari Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

lcgc-7-seater-adik-avanza-xenia-segera-meluncur

Astra Toyota Calya-Astra Daihatsu Sigra, begitulah produk LCGC tujuh penumpang tersebut akan diberi nama, direncanakan akan mulai dihadirkan pada pertengahan tahun ini. Disebutkan bahwa setidaknya akan ada sekitar 12 tipe yang akan diniagakan. Untuk tipe terendah, mobil tersebut dibanderol dengan harga dasar Rp 79 juta. Sementara varian tertinggi harga dasarnya mencapai Rp 106 juta. Menariknya lagi, Calya akan tersedia dalam dua opsi mesin, yakni 1,2 liter dan 1,0 liter.

Sebagaimana diwartakan oleh Carbay melalui Liputan6 Otomotif, mesin 1,0 liter merupakan adopsi dari mesin Astra Daihatsu Ayla yang berkonfigurasi 3-silinder DOHC tanpa katup variabel dengan output tenaga mencapai 68 PS. Sementara varian mesin 1,2 liter merupakan mesin 4-silinder yang telah didukung teknologi VVT-i.

Salah seorang sumber menyatakan bahwa tingkat konsumsi bahan bakar adik Avanza-Xenia itu sama dengan konsumsi BBM pada Agya-Ayla.

“Kalau itu (adik Avanza-Xenia) harus memenuhi persyaratan (konsumsi BBM 20 km/liter,” kata sumber tersebut.

Lebih lanjut, ia mengkonfirmasi bahwa sejumlah gambar yang beredar di media daring merupakan benar adanya. Mobil itu, sebut sumber, sudah masuk dalam tahap siap produksi. Soal pengembangan, Astra Daihatsu Motor dan juga Toyota Astra Motor yang membesut mobil itu akan melibatkan tenaga lokal dan Jepang. Hal ini guna mengikuti aturan LCGC maka mengacu Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, mobil harus memenuhi standar konsumsi bahan bakar 20 km per liter dan menenggak bensin dengan RON 92.

Selain itu Calya-Sigra juga harus memenuhi syarat teknis lain yang meliputi ground clearance atau jarak tertinggi body ke tanah, dan juga jarak radius putar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *