Sudah Dilaporkan ke Presiden, Produksi GESITS Mulai 2017

Perkembangan Motor Listrik Nasional GESITS Sudah Dilaporkan ke Presiden Jokowi – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek) M. Nasir telah memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo terkait perkembangan motor listrik nasional Indonesia. Ia berharap Presiden Jokowi bisa meluncurkan secara langsung proyek riset motor listrik hasil karya anak negeri tersebut.

perkembangan-motor-listrik-nasional-gesIts-sudah-dilaporkan-ke-presiden-jokowi

Seperti dilansir oleh laman Oto.Detik, dalam keterangannya usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, M. Nasir menyatakan bahwa penelitian motor listrik terus berjalan baik dan berharap bisa dilaunching secara resmi oleh Presiden.

“Ini saya sampaikan ke Pak Presiden yaitu penelitian motor listrik yang mudah-mudahan bisa dilaunching Pak Presiden,” ujarnya saat ditemui awak media di Istana Negara, Jumat (13/5).

Penelitian yang dimaksud oleh Menristek M. Nasir adalah motor listrik nasional yang akan diberi nama GESITS, atau Garansindo Electric Scooter ITS. Menurut Nasir, rencananya produksi GESITS akan diluncurkan secara resmi oleh Presiden Jokowi pada tahun 2017 mendatang.

“Tapi ini yang harus dijalankan semuanya,” sambungnya.

Menristek M. Nasir sendiri merupakan pembeli pertama GESITS. Untuk harga jualnya ke masyarakat, GESITS bakal dibanderol di kisaran harga Rp 15 jutaan.

Sebagai informasi, GESITS adalah produk sepeda motor listrik hasil kolaborasi ITS dan Garansindo. Skuter listrik tersebut sudah diwujudkan dalam bentuk purnarupa setelah sebelumnya hanya prototipe. Konsep GESITS sendiri pertamakali diperlihatkan pada gelaran IIMS tahun 2015 yang lalu. Kemudian pada bulan Mei ini, motor tersebut diperkenalkan dalam bentuk bodi lengkap di Surabaya.

GESITS akan mengusung motor listrik dengan sokongan baterai jenis Lithium-Ion yang mampu menempuh jarak 80-100 km untuk satu kali pengisian. Sementara untuk pengisian baterai penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5-3 jam. Diklaim bahwa GESITS mampu melaju hingga kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam, atau setara dengan motor BBM berkapasitas 125cc. Untuk memantau kecepatan dan status baterai, GESITS bisa dikoneksikan ke ponsel pintar. Selain mampu mengurangi konsumsi BBM konvensional, motor listrik GESITS juga merupakan kendaraan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan gas emisi buangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *