Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Calya dan Sigra

Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra – Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi melahirkan mobil baru dengan harga terjangkau konsumen. Ya, kedua pabrikan tersebut secara resmi telah memperkenalkan produk mobil baru berupa model mobil Low Cost Green Car (LCGC) 7 penumpang yang diberi nama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Sama seperti produk hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu sebelumnya, antara Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sepintas terlihat serupa. Namun jika diperhatikan secara teliti, tetap terdapat perbedaa antara Calya dan Sigra. Perbedaan yang pertama bisa kita lihat pada bagian fascia atau sisi depan. Toyota Calya memiliki lampu utama yang beraksen tajam dengan tambahan grill tebal yang dibalet warna krom.  Sementara Sigra tampil lebih agresif dengan ketegasan sudut yang serba tajam. Selain itu, pada bagian bumper Sigra juga terdapat saluran udara yang dibuat terpisah.

perbedaan-toyota-calya-daihatsu-sigra

Sementara itu, saluran udara Toyota Calya dibuat menyatu dengan bumper. Jika diperhatikan, desain fascia Calya ini sekilas mirip dengan Toyota Avanza Veloz, dimana ada aksen pelindung bumper yang dihias dengan aksen krom.

Berpindah ke bagian cover foglamp, Daihatsu Sigra memiliki bentuk runcing dengan posisi horizontal. Sedangkan Toyota Calya posisinya vertikal dengan desain yang terlihat lebih tajam. Di luar desain fascia depan, hampir sisanya tidak ada lagi perbedaan yang mencolok.

perbedaan-calya-sigra

Sebagai informasi, Daihatsu Sigra hadir dalam 4 pilihan tipe, yaitu Sigra D, Sigra M, Sigra X dan Sigra R. Selain itu, ada juga pilihan transmisi manual dan otomatis. Untuk tipe termurah, Daihatsu Sigra dijual dengan harga mulai Rp109 jutaan, yaitu tipe Sigra D dan Sigra M yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil, yakni mengadopsi mesin 1.0L berkode D26F 1KR-DE yang dipadukan dengan transmisi manual.

Sedangkan tipe Daihatsu Sigra X dan Sigra R akan mengusung mesin berkapasitas 1.2L Dual VVT-i dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Daihatsu sendiri memberikan rentang harga Sigra yang hadir dalam 10 pilihan model mulai dari Rp109 jutaan untuk tipe termurah, hingga Rp136 jutaan untuk tipe tertinggi.

Berbeda dengan Daihatsu Sigra, Toyota Calya hadir dalam 2 pilihan tipe, yaitu Calya E dan Calya G yang keduanya tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Untuk Calya E dengan transmisi manual dibanderol mulai Rp132 jutaan, sedangkan versi matic dibanderol mulai Rp 145jutaan. Kemudian untuk tipe Calya G manual dibanderol mulai Rp138 jutaan, sedangkan tipe Calya G matic dibanderol mulai Rp150 jutaan.

Toyota Calya akan mengusung mesin berkapasitas 2.0L dengan power mencapai 87 hp dan torsi sebesar 108 Nm. Kedua produk baru lansiran Toyota-Daihatsu tersebut dipastikan akan bersaing dengan Datsun GO+ yang sebelumnya sudah beredar di pasar otomotig nasional untuk segmen LCGC tujuh penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *