Pilih Datsun GO+, Calya, atau Sigra?

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Ramaikan Segmen LCGC Tiga Baris – Persaingan segmen Low Cost Green Car alias LCGC di Indonesia dipastikan akan semakin sengit. Pasalnya, dua model baru lansiran Toyota dan Daihatsu, yakni Calya serta Sigra, dipastikan akan meluncur pekan ini. Model MPV murah tujuh penumpang tersebut akan berhadapan langsung dengan Datsun GO+ yang sebelumnya hanya bermain sendiri di segmen LCGC tiga baris.

toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-ramaikan-segmen-lcgc-tiga-baris

Berkaca dari kesuksesan Datsun GO+, duet Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memang berpotensi merebut pangsa pasar yang selama ini dikuasai oleh Datsun. Salah satu faktor diminatinya mobil model LCGC tujuh penumpang ini adalah soal harganya. Banderol yang terbilang terjangkau membuat penjualannya moncer.

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memang diluncurkan dengan segmentasi pasar yang membutuhkan kendaraan murah dengan nuansa elegan. Calya-Sigra sendiri merupakan produk hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu setelah keduanya juga sukses melempar duet Agya-Ayla ke pasar LCGC model city car. Calya-Sigra sekaligus menjadi produk keempat hasil kerjasama Toyota-Daihatsu.

toyota-calya-dan-daihatsu-sigra-ramaikan-segmen-lcgc-tujuh-penumpang

Untuk Toyota Calya sendiri terinspirasi dari bahasa Sanskerta yang berarti “sempurna”. MPV ini hadir dengan menggunakan mesin 3NR engine 1.2L Dual VVT-1. Calya hadir dengan fitur safety meliputi immobilizer, 3 point seatbelt, driver seatbelt reminder, ventilated front disk brake, dan dual SRS airbag. Selain itu terdapat 3 hardrest di kursi baris kedua, ISOFIX + tether anchor, sensor parking dan GOA body untuk semua model. Toyota Calya dipasarkan dengan harga mulai Rp129,65 juta-150 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Sedangkan Daihatsu Sigra juga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “respon yang cepat”. Mobil ini hadir dengan dua tipe mesin, yakni 1KR-VE 1.0L VVT-i dan mesin baru 3NR-VE 1.2L dual VVT-I, serta didukung dengan fitur safety berupa dual SRS Airbag dan ABS di varian tertinggi. Sigra dibanderol dengan harga Rp106 juta – Rp149 juta OTR DKI Jakarta.

Bicara persaingan harga antara GO+ Panca dengan Calya-Sigra, Datsun jauh lebih unggul. Banderol varian-varian GO+ Panca berada di bawah Rp 120 juta. Sementara model tertinggi Calya-Sigra nyaris menyentuh angka Rp 150 juta. Nah, kalau disuruh memilih, mobil mana yang pantas mengisi garasi rumah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *