Nissan Navara dan Mitsubishi Triton Bakalan ‘Satu Rahim’ ?

Nissan Navara dan Mitsubishi Triton akan Menggunakan Satu Platform – Nissan secara resmi telah mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi Motors. Tentunya akuisisi ini akan dimanfaatkan Nissan untuk mengembangkan produknya di masa depan. Untuk jangka pendek, dua pabrikan besar asal Jepang tersebut akan membangun pikap menggunakan satu platform yang sama.

nissan-navara-dan-mitsubishi-triton-akan-menggunakan-satu-platform

Seperti dilansir laman Liputan6 Otomotif dari Caradvice, Carlos Ghosn selaku CEO Nissan mengonfirmasi Nissan Navara dan Mitsubishi Triton akan saling berbagi platform. Keduanya akan dikembangkan secara terpisah namun akan bertukar gaya desain seperti yang terjadi pada Ford Ranger dan Mazda BT-50.

“Sangat memungkinkan kami menggunakan platform yang sama. Namun kami tetap mengembangkan mobil tersebut masing-masing karena konsumennya yang berbeda,” ujar Ghosn.

Sebenarnya, baik Navara ataupun Triton generasi teranyar baru saja meluncur tahun lalu. Generasi selanjutnya dari pikap multifungsi tersebut diperkirakan akan meluncur pada tahun 2020.

Salah satu manfaat utama dalam kesepakatan kerjasama antara Nissan dan Mitsubishi adalah saling berbagi platform dari model-model kendaraan yang mereka produiksi. Kesepakatan tersebut bisa memangkas biaya dalam jumlah besar karena penelitian yang dilakukan bersama dan termasuk dalam biaya produksi kendaraan.

Selama ini, penggunaan satu platform yang sama untuk dua merek yang berbeda memang sudah terbukti mampu menekan biaya produksi menjadi lebih efisien. Sebagai contoh, platform NP 300 Navara dimanfaatkan untuk basis pikap Mercedes-Benz, sedangkan Mitsubishi menawarkan lisensi Triton ke FCA untuk membangun Fiat Fullback.

Sebagaimana kita tahu, Nissan memang telah membeli 34 persen saham Mitsubishi pada awal bulan Mei 2016 ini. Hal ini karena Mitsubishi memang membutuhkan dana segar setelah pabrikan asal Negeri Sakura itu terlilit skandal uji emisi beberapa waktu lalu. Masuknya Nissan menjadi bagian dari Mitsubishi sempat menimbulkan kekhawatiran bahwa Mitsubishi akan mengurangi dealer mereka di kawasan Asia Tenggara. Namun baik Mitsubishi dan Nissan sudah memastikan bahwa mereka tetap akan berbagi porsi agar masing-masing produk mereka tetap memiliki posisi yang kuat di pasar.

2 thoughts on “Nissan Navara dan Mitsubishi Triton Bakalan ‘Satu Rahim’ ?

  1. I must say you have high quality posts here. Your blog should go viral.
    You need initial traffic only. How to get it? Search for: Miftolo’s
    tools go viral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *