Ini Dia Fitur “Pembunuh” R25 dan Ninja 250 yang Ada pada CBR250 RR!

All New Honda CBR250 RR Dilengkapi Fitur Canggih yang Tidak Ditemukan pada Kompetitornya – Honda akhirnya turun gunung juga di segmen motor sport kelas 250cc. Awal pekan lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi telah merilis All New Honda CBR250 RR yang akan bertarung di pasar sport medium. Mengingat segmen ini sudah dikuasai oleh Kawasaki Ninja 250 dan mendapat pesaing dari Yamaha YZF-R25, Honda pastinya memiliki “senjata” khusus untuk bertempur dengan dua kompetitornya tersebut.

all-new-honda-cbr250-rr-dilengkapi-fitur-canggih-yang-tidak-ditemukan-pada-kompetitornya

Pabrikan berlogo sayap mengepak ini sebenarnya bisa dibilang sedikit terlambat saat merilis generasi baru Honda CBR250 RR. Pasalnya, Kawasaki dan Yamaha sudah cukup lama menghadirkan jagoan mereka di kelas sport 250cc. Demi menjaga persaingan dengan Ninja 250 dan R25, Honda pun telah menyiapkan formula khusus untuk disematkan pada All New Honda CBR250 RR.

Sebagaimana dilansir dari laman Liputan6.com, All New Honda CBR250 RR ternyata punya fitur yang tak ada di Ninja 250 dan R25. Apa sajakah itu? Berikut detail fiturnya:

  1. Suspensi depan Up-side down

Honda pintar mencermati pasar motor sport 250cc. Ketika Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan, All New Honda CBR250 RR punya nilai plus dengan menganut suspensi model up-side down (USD). Hal ini pastinya membuat CBR250 RR memiliki akselerasi yang mantap dan handling lebih nyaman.

2. Mesin Throttle-by-wire

All New Honda CBR250 RR juga mengimplementasikan teknologi mesin berkarakter throttle-by-wire (TBW). Ini menandai bahwa Honda CBR250 RR merupakan model motor sport produksi massal Honda pertama yang menggunakan fitur ini. Teknologi throttle-by-wire sendiri merupakan sistem yang bekerja berkat adanya Accelerator Position Sensor (APS) yang terletak di sisi kiri gas. Di mana ia akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga sudah diaplikasikan pada model RC213V. Sehingga, Honda pun menghadirkan fitur modus berkendara untuk melengkapi penggunaan sistem TBW. Ada tiga mode berkendara pada CBR250 RR, yaitu Comfort, Sport, dan Sport +.

3. Knalpot dual silencer

Fitur “pembunuh” Ninja 250 dan R25 terakhir yang ada pada All New Honda CBR250 RR adalah dual silencer atau knalpot ganda. Fitur ini merupakan bagian yang cukup menonjol pada Honda CBR250 RR. Ya, Honda mengaplikasikan dual knalpot dengan desain agresif. Adapun, knalpot ini memiliki konfigurasi dua leher knalpot yang keluar pada satu pipa dan kemudian didistribusikan pada dua lubang silincer (2-1-2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *