Ini Alasan GM Indonesia Tak Jual Chevrolet Trax Versi Manual

GM Indonesia Putuskan Hanya Jual Chevrolet Trax Versi Matic Agar Sesuai Permintaan Pasar – Tanggal 1 Desember 2015 yang lalu, PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) secara resmi telah menjual varian crossover Chevrolet Trax untuk pasar otomotif Tanah Air. Bertempat di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, GM Indonesia dengan resmi melepas Trax untuk bertarung di segmen crossover yang memang saat ini sedang booming. Namun ada satu hal yang unik, yaitu GM Indonesia ternyata hanya menghadirkan Chevy Trax versi transmisi otomatis alias matic. Hmmm, alasannya apa ya?

gm-indonesia-putuskan-hanya-jual-chevrolet-trax-versi-matic-agar-sesuai-permintaan-pasar

Tak seperti varian mobil Chevrolet lainnya yang tersedia dalam dua pilihan transmisi manual dan otomatis, kali ini Chevrolet Trax hanya hadir dalam satu pilihan transmisi saja, yakni otomatis. GM Indonesia sebagai distributor resmi Chevrolet di Indonesia memang memiliki alasan tersendiri mengapa Chevy Trax versi manual tidak dijual di Indonesia. Hal ini karena disesuaikan dengan permintaan pasar yang cenderung memilih mobil versi matic daripada manual.

“Kembali lagi ke pasar ya, konsumen minat mobil transmisi otomatis. Soalnya cocok untuk kondisi perkotaan yang menuntut gaya berkendara stop and go”, ujar Direktur Customer Care General Motors Indonesia, Dadan Ramadhani dalam keterangannya.

Chevrolet Trax yang dipasarkan oleh GM Indonesia per 1 Desember yang lalu mengusung kombinasi mesin 1,4 liter dengan turbocharger dan digerakkan oleh sistem transmisi otomatis 6 percepatan. Kombinasi ini dianggap sesuai dengan kebutuhan konsumen yang berada di area perkotaan, di mana mereka lebih menuntut kinerja mobil yang mumpuni, namun tetap irit bahan bakar.

Selain alasan minat pasar yang cenderung memilih mobil betransmisi otomatis, Dadan menjelaskan bahwa keputusan GM Indonesia untuk hanya menjual Chevrolet Trax versi otomatis juga berkaca pada tren yang terjadi pada mobil-mobil lansiran Chevrolet sebelumnya, seperti contohnya adalah Chevrolet Spin. Ia mengaku bahwa 80 persen Spin yang berhasil terjual adalah varian dengan transmisi otomatis. Oleh karena pengalaman itulah GM Indonesia hanya memasarkan Chevrolet Trax versi matic saja.

“80 persen Spin yang terjual itu otomatis. Model lain juga begitu. Memang masih ada yang memilih transmisi manual, tapi kebanyakan di daerah. Tetapi untuk Trax, meski otomatis semua, kan tetap ada teknologi triptonic. Buat mereka yang ingin memacu kendaraannya dengan sensasi transmisi manual tetap bisa tersalurkan,” katanya.

Sebagai informasi, Chevrolet Trax yang dipasarkan di Indonesia dibekali dengan mesin berkapasitas 1.364cc dengan semburan tenaga maksimal mencapai 140PS. Unit crossover terbaru lansiran Chevrolet ini sudah mengusung teknologi mesin ECOTEC bertransmisi 6-Speed automatic serta dilengkapi juga dengan unit StabiliTrak yang berfungsi untuk menjaga kestabilan laju kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *