Honda Kembali Bertahta di Segmen Sepeda Motor Sport

Honda Masih Kuasai Penjualan Sepeda Motor Segmen Sport di Indonesia – Honda kembali menunjukkan keperkasaannya di pasar otomotif Indonesia. Hingga September 2016 kemarin, pabrikan berlogo sayap mengepak itu menguasai hampir 60 persen pangsa pasar otomotif nasional dengan penjualan mencapai 31.483 unit. Dengan catatan penjualan nomor satu di segmen sport pemula hingga medium, Honda pun berhasil melewati penjualan seteru beratnya, yakni Yamaha yang sempat memimpin pada medio Agustus 2016.

honda-masih-kuasai-penjualan-sepeda-motor-segmen-sport-di-indonesiaPersaingan pasar otomotif Indonesia khususnya segmen motor sport memang kian seru. Yamaha yang sebelumnya selalu berkuasa, akhir-akhir ini melempem. Pada Agustus 2016 merek garputala sempat memimpin lagi sebelum dibalikkan kembali oleh Honda. Catatan penjualan Honda bulan September lalu sekaligus menjadi rekor tertinggi sejak tujuh bulan terakhir.

Keberhasilan PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pemegang merek motor Honda di Tanah Air dalam memaksimalkan penjualan juga tak lepas dari semakin kondusifnya pasar otomotif Indonesia yang sempat lesu pada awal tahun 2016 lalu. Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor nasional pada September 2016 menggeliat dengan membukukan peningkatan penjualan sebesar 5,4 persen dari 527.536 unit pada Agustus 2016 menjadi 555.820 unit bulan lalu. Pertumbuhan positif tersebut juga diikuti oleh pasar otomotif roda dua di Indonesia yang mengalami peningkatan sebesar 18 persen dari 44.429 unit pada Agustus 2016 menjadi 52.435 unit pada September.

Khusus untuk Honda sendiri, penjualan motor Honda melonjak sekitar 60,2 persen dari yang sebelumnya hanya 19.648 unit pada Agustus 2016, menjadi 31.483 unit pada bulan September lalu. All New CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar, yakni 18.626 unit, diikuti oleh CBR series 8.063 unit, Verza 4.647 unit, dan MegaPro 105 unit. Sementara itu, Big Bike sport Honda memberikan kontribusi penjualan 42 unit.

Menanggapi keberhasilan Honda kembali menjadi market leader di pasar otomotif nasional, GM Divisi Penjualan AHM Thomas Wijaya mengatakan, tingginya lonjakan permintaan sepeda motor model sport Honda mencerminkan semakin tingginya kepercayaan konsumen.

”Kondisi pasar sepeda motor tahun ini memang masih lebih lemah dibanding tahun sebelumnya, akan tetapi kami melihat animo masyarakat terhadap sepeda motor Honda semakin besar,” kata Thomas dalam siaran resminya, seperti dikutip dari laman Kompas Otomotif (18/10).

One thought on “Honda Kembali Bertahta di Segmen Sepeda Motor Sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *