Fortuner Jauh Tinggalkan Pajero Sport

Toyota Fortuner Kuasai Pasar Mobil SUV di Indonesia – Peta persaingan kelas medium SUV di Indonesia mulai terlihat arahnya. Andalan Toyota di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) menengah, yaitu All New Toyota Fortuner perlahan namun pasti mulai meninggalkan pesaing utamanya, Mitsubishi Pajero Sport. Selama tiga bulan terakhir, Fortuner semakin memantapkan posisinya sebagai market leader di segmen medium SUV.

toyota-fortuner-kuasai-pasar-mobil-suv-di-indonesia

Dari data yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan All New Toyota Fortuner pada semester pertama tahun 2016 mencapai 13.841 unit, atau menguasai sekitar 35 persen pasar SUV di Tanah Air. Sementara itu, All New Mitsubishi Pajero Sport menguntit di tempat kedua dengan penjualan sekitar 10.308 unit dengan market share sebesar 26 persen.

Jika dilihat ke belakang, Toyota dan Mitsubishi melakukan start yang sama. Pada bulan Januari 2016 kemarin, kedua pabrikan asal Jepang tersebut sama-sama merilis generasi terbaru dari masing-masing SUV andalannya. Toyota mengawali dengan All New Fortuner, lalu pabrikan “Tiga Berlian” Mitsubishi menyusul dengan generasi anyar All New Pajero Sport.

Pada awalnya, Pajero Sport sempat melambung setelah perilisan resminya di Indonesia. Namun seiring waktu, Fortuner mampu menyodok posisi teratas di pangsa pasar SUV kelas menengah di Tanah Air. Hal ini tak lepas dari mulai normalnya pabrik PT Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN).

Rata-rata per bulan selama April, Mei, dan Juni, Toyota bisa melempar 2.000-3.800 unit Fortuner ke diler. Sementara Mitsubishi pada periode yang sama, hanya sanggup menyuplai 1.500-1.700 unit Pajero Sport yang didatangkan utuh dari Thailand ke seluruh diler di Indonesia.

Sementara itu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sempat mengalami kendala suplai dari Thailand yang ”kejar-kejaran” dengan permintaan. Tapi lewat Head of MMC Sales Group KTB Imam Choeru Cahya beberapa waktu lalu, kendala itu sudah tertangani. Bahka, Mitsubishi Thailand dikatakan siap menyuplai berapa pun permintaan KTB.

Melihat kondisi pasar terkini, persaingan di segmen medium SUV memang semakin menarik untuk disimak. Dengan ambisi Mitsubishi untuk tetap menguasai pasar, tentunya kegagalan mencapai target di semester pertama tahun 2016 akan membuat mereka menyiapkan strategi baru untuk mengembalikan singgasana mereka. Sedangkan bekal modal bagus di pertengahan tahun pastinya juga akan membuat Toyota percaya diri untuk terus memimpin pangsa pasar SUV menengah di Indonesia.

One thought on “Fortuner Jauh Tinggalkan Pajero Sport

  1. Hello blogger !! I read your posts everyday and i
    must say you have high quality content here. Your website deserves to go
    viral. You need initial traffic only. How to go viral fast?
    Search for; forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *