Datsun Lebarkan Sayap ke Timur Tengah

Datsun Ekspansi Bisnis ke Kawasan Timur Tengah – Perusahaan otomotif yang merupakan anak perusahaan Nissan, yaitu Datsun, semakin melebarkan sayap bisnisnya dengan masuk ke pasar otomotif Timur Tengah. Sebelumnya, Datsun sudah pernah masuk ke kawasan Jazirah Arab pada tahun 1967 silam, namun kemudian vakum beberapa tahun sebelum akhirnya memutuskan kembali meramaikan pasar mobil di Timur Tengah. Negara pertama yang menjadi tujuan Datsun adalah Lebanon.

datsun-ekspansi-bisnis-ke-kawasan-timur-tengah

Di negara yang berbatasan dengan Suriah dan Israel tersebut, Datsun akan memperkenalkan dua model mobil sekaligus, yaitu Datsun on-DO dan juga Datsun mi-DO. Datsun on-DO merupakan mobil saloon empat pintu, sementara model Datsun mi-DO adalah mobil tipe hatchback lima pintu. Datsun berharap kedua model mobil tersebut akan mengulangi kesuksesan model terdahulu, yakni Datsun Bluebird.

“Ada generasi baru pembeli mobil yang muncul di Lebanon. Mereka mencari mobil modern yang cocok untuk aspirasi mereka sendiri. Datsun kembali untuk membantu mereka membentuk mobilitas pribadi masa depan,” ujar Christian Mardrus, Chairman Datsun Africa, Middle East, and India Region, dikutip dari Datsun.com, Rabu (20/7).

Dua mobil berbeda tipe lansiran Datsun akan menyasar karakter konsumen yang berbeda pula. Datsun on-DO menyasar keluarga, sedangkan Datsun moi-DO yang berkarakter sporty ditujukan untuk konsumen berusia muda. Kedua model ini akan dijual oleh RYMCO, distrubutor Nissan dan Datsun yang sudah beroperasi selama hampir 50 tahun.

Untuk harga, Datsun on-DO dibanderol dengan harga mulai dari USD 11.900 atau setara Rp 155,8 juta, sementara Datsun mi-Do dihargai USD 12.900 atau setara Rp 169 juta.

Ekspansi Datsun ke kawasan Timur Tengah ini sebenarnya sudah direncanakan semenjak tahun 2012 lalu oleh sang CEO Nissan, Carlos Ghosn. Tujuan Datsun melebarkan sayap ke kawasan negara-negara berkembang sesuai dengan misi pasar mereka yang fokus pada mobil-mobil berharga terjangkau. Dengan masuknya Datsun ke Lebanon, maka merek ini telah ada di lima negara di dunia. Datsun juga ada di India, Rusia, Afrika Selatan, dan Indonesia.

“Kami melangkah selangkah demi selangkah,” ujar Ghosn menyinggung strategi pasar yang ditempuh Nissan-Datsun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *