Cuma Beda Rp 1 Jutaan, Pilih Supra GTR atau MX King?

Selisih Harga Supra GTR 150 dan Yamaha MX King Hanya Rp 1 Jutaan – Honda secara resmi telah meluncurkan motor terbarunya All New Honda Supra GTR 150. Bermain di segmen premium cub 150 cc, pastinya Supra GTR sudah ditunggu kompetitornya yang telah mengaspal lebih dulu, yaitu Yamaha MX King 150. Menempati pangsa pasar yang sama, pastinya kedua motor bebek sport itu akan berhadapan dari semua sisi, baik dari sisi harga, kapasitas mesin, hingga model. Nah, kira-kira Autolovers pilih yang mana nih? All New Honda Supra GTR 150 atau Yamaha MX King 150?

selisih-harga-supra-gtr-150-dan-yamaha-mx-king-hanya-rp-1-jutaan

Jika dibandingkan, banyak faktor untuk menjawabnya. Apabila dibandingkan dari sisi harga, punya Honda lebih mahal. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Supra GTR 150 dengan banderol harga di kisaran Rp 21,3 juta dan Rp 21,5 juta untuk warna ekslusif. Sementara Yamaha menjual MX King 150 pada kisaran harga Rp 20,3 juta dan Rp 20,6 juta untuk varian berkelir MotoGP tim Yamaha Movistar.

Kemudian setelah perbandingan harganya, antara Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King juga memiliki model yang berbeda, meski keduanya menempati segmen yang sama. Soal model tentu menyesuaikan selera. Keduanya mengusung tema agresif, meski Supra GTR 150 lebih mirip Jupiter MX model lama. Yamaha punya ciri khas, berdesain lebih tajam, sementara kepunyaan Honda lebih elegan.

Lantas, bagaimana dengan perbandingan fiturnya? Masing-masing punya kelebihan. Dari sisi mesin, Yamaha mengandalkan mesin SOHC dengan transmisi 5 percepatan yang mudah dimodifikasi lebih kencang. Sementara Honda punya mesin DOHC transmisi 6-percepatan yang lebih bertenaga.

Untuk urusan performa, Yamaha MX King mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 15,1 tk pada 8500 rpm, serta torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Sementara tenaga Honda Supra GTR mencapai 15,4 tk pada 9.000 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 6.500 rpm. Di atas kertas, torsi All New Honda Supra GTR memang lebih cepat didapat, namun tenaga maksimal lebih duluan MX King.

Pada kelengkapan fitur pun antara Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King juga memiliki ciri khas masing-masing. Fitur mirip, dari lampu depan yang sudah LED, sampai panel meter paduan digital dan analog. Bedanya, pada MX King dilengkapi fitur sapaan ”Hi Buddy” yang bisa diganti dengan nama sendiri.

Bergerak ke bagian kaki-kaki, suspensi pada Supra GTR 150 dan MX King 150 pun berjenis sama, hanya beda pada ukuran ban depan. Supra GTR lebih tebal dan tinggi di depan, dengan ukuran 90/80-17, sedangkan MX King 70/90-17. Ban belakang sama, pakai ukuran tapak lebar 120/70-17.

Bila dicermati, antara Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 150 memang memiliki kelebihan masing-masing, baik dari desain maupun komparasi performa. Nah sekarang yang tersisa hanyalah fanatisme merek dan selera konsumen. Mana yang akan menjadi pilihanmu? Kebutuhan dan selera sobat Autolovers-lah yang akan menjawabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *