13 Tahun Menjadi “Raja”, Avanza Harus Takluk dari Calya dalam Sebulan

Penjualan Toyota Calya Langsung Melejit dalam Satu Bulan Pertama – Baru sebulan resmi dirilis, Toyota Calya langsung memakan korban. Tak tanggung-tanggung, korban pertama Calya adalah saudara tuanya sendiri, yakni Toyota Avanza yang selama 13 tahun menjadi produk mobil terlaris. Catatan impresif Calya ini pastinya diluar dugaan karena sebelumnya produk LCGC tujuh penumpang terbaru lansiran Toyota itu rencananya akan ditempatkan pada segmen low MPV di bawah Avanza.

penjualan-toyota-calya-langsung-melejit-dalam-satu-bulan-pertama

Tak bisa dipungkiri, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 yang lalu Avanza selalu menjadi andalan Toyota di pangsa pasar low MPV. Bahkan, Toyota Avanza yang kini sudah memasuki generasi ketiga berhasil menggantikan posisi Toyota Kijang sebagai ‘mobil sejuta umat’. Dan kini, dominasi Toyota Avanza harus takluk pada Toyota Calya yang secara resmi dirilis oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada bulan Agustus lalu.

Sepanjang bulan Agustus kemarin, Toyota Calya sudah terkirim ke konsumen sebanyak 9.241 unit. Catatan ini mengalahkan pengiriman Avanza yang mencapai 9.123 unit pada bulan yang sama. Meski penjualan Calya diluar ekspektasi, namun sebelumnya Toyota sudah memprediksi bahwa Calya akan mampu melewati penjualan Avanza. Hal ini sudah tercermin ketika popularitas Avanza mulai tergerus oleh Toyota Agya yang merupakan produk LCGC dua baris.

Di segmen LCGC sendiri, penjualan Toyota Calya pada bulan Agustus sudah mengoreksi penjualan Agya. Agya yang biasanya terjual sebanyak 4.000 unit (sempat mencapai 5.000 unit di bulan Mei-red) kini sudah turun setengahnya. Selama bulan Agustus lalu Agya terjual sebanyak 2.845 unit.

Sama seperti di segmen low MPV, Toyota Calya juga sudah mengambil alih konsumen yang sebelumnya ditempati oleh Avanza. Total penjualan Avanza yang biasanya sanggup mencapai angka 11.000 sampai 12.000 juga turun menjadi 9.123 unit saja.

Penjualan Toyota Calya yang langsung menanjak pada bulan pertama setelah resmi dirilis pastinya membuat porsi Toyota di pasar otomotif nasional semakin besar. Kini yang menjadi pertanyaan, apakah Calya sanggup mempertahankan dirinya sebagai mobil terlaris di masa depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *