Yamaha Sembunyikan Winglet Dibalik Fairing

Rangkaian tes perdana pramusim yang dilakukan Yamaha di Sepang diyakini untuk menguji desain fairing baru YZR-M1 2017 dimana posisi winglet kini tersembunyi dibalik fairing. Posisi fairing yang tersembunyi di dalam fairing dipercaya untuk mengakomodasi aturan baru MotoGP yang melarang penggunaan sayap tambahan atau winglet di sisi samping motor.

yamaha-sembunyikan-winglet-dibalik-fairing
Winglet tersembunyi di dalam fairing YZR-M1 2017. Foto oleh: Motorsport

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, dua pembalap tim Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales terlihat menguji coba desain fairing baru YZR-M1 2017 pada tes pramusim MotoGP 2017 hari ke-2 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (1/2). Desain fairing baru M1 2017 itu menampilkan winglet tersembunyi dengan tonjolan yang lebih besar di bagian fairing depan.

Keputusan Yamaha untuk mengubah desain fairing M1 2017 diyakini sebagai proses adaptasi Yamaha menyusul regulasi pelarangan winglet mulai musim ini. Pabrikan asal Jepang itu pun mencari akal dan solusi untuk kembali mendapatkan downforce dan mengurangi wheelie (ban depan terangkat ketika keluar dari tikungan).

Sebelumnya, saat tes hari pertama di Sepang pada Senin (30/1) siang waktu setempat, pembalap penguji Yamaha, Kohta Nozane juga telah menguji coba desain fairing baru pada YZR-M1 2017.

“Saya tidak dapat memberikan informasi apaun tentang apa yang kami uji coba,” tukas Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli.

“Tapi apa yang kami lakukan mengecek dan membandingkan. Jadi, kami ingin untuk memiliki informasi dari kedua pembalap,” imbuhnya.

winglet-yamaha-yzr-m1-2017
Desain fairing baru pada motor Maverick Vinales dengan winglet di bagian dalam fairing. Foto oleh: Motorsport

Terkait perubahan desain fairing yang digunakan Yamaha dimana ada winglet yang tersembunyi di dalamnya, Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge menyatakan bahwa desain motor Yamaha tersebut telah dilaporkan ke pengawas MotoGP dan sudah mendapatkan persetujuan.

Namun langkah Yamaha yang ‘menyembunyikan’ winglet di dalam fairing ini belum diikuti oleh pabrikan lain. Ducati yang disebut-sebut cukup dirugikan akibat pelarangan penggunaan winglet belum mengkonfirmasi apakah mereka akan meniru desain fairing baru Yamaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *