Yamaha Puji Vinales dan Berjanji Atasi Keluhan Rossi

Yamaha tampil impresif pada tes pra-musim perdana MotoGP di Valencia, pertengahan pekan ini. Pembalap baru tim Garpu Tala, Maverick Vinales mencuri perhatian karena secara tak terduga mampu tampil sebagai yang tercepat pada sesi tes hari pertama. Sementara pembalap utama Yamaha, Valentino Rossi berada di posisi kedua.

yamaha-puji-vinales-dan-berjanji-atasi-keluhan-rossi

Meski hanya berselang satu hari pasca race penutup di Valencia, namun dua pembalap Yamaha mampu tampil maksimal, terutama Vinales. Vinales menutup sesi pengujian, Rabu (16/11/2016) dengan catatan waktu 1 menit 29.975 detik. Catatan waktunya 0.196 detik lebih cepat dari Marc Marquez (Repsol Honda) dan 0,468 dari Andrea Dovizioso (Ducati). Catatan waktu Vinales di hari kedua juga jauh lebih baik ketimbang hari pertama yang cuma menorehkan 1 menit 30.930 detik, Selasa (15/11) sore waktu setempat.

Jika dibandingkan dengan pembalap lain yang juga melakoni debut dengan motor dan tim baru seperti Jorge Lorenzo (Ducati) dan Andrea Iannone (Suzuki), Vinales bisa dibilang sebagai rider yang paling manguasai tunggangan barunya. Pembalap yang diboyong dari Suzuki itu nampak begitu fasih dalam menggeber Yamaha YZR-M1 di lintasan Sirkuit Valencia.

Bagaimana tidak, jadi pembalap tercepat dalam dua hari pengujian tidaklah mudah, apalagi dengan spesifikasi motor yang jauh berbeda. Atas dasar itulah, Yamaha takjub dengan penampilan rekrutan barunya. Direktur tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli mengutarakan kebahagiaannya melihat capaian Vinales dalam situs resmi Yamaha, Kamis (17/11).

“Kami bisa sangat bangga dengan kinerja yang kami lakukan. Maverick bisa menghilangkan rasa gugupnya dan dia sangat kuat. Sangat mengesankan melihatnya mencapai waktu 1 menit 29 detik begitu cepat setelah masa transisinya dan kami juga amat terkesan dengan tingkat akurasinya dalam beberapa kilometer di atas motor,”┬átutur Meregalli.

Selain memuji penampilan Vinales, Yamaha tak lupa menanggapi kritikan yang disampaikan oleh Valentino Rossi. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Rossi memang mengeluhkan settingan YZR-M1 yang kurang sesuai dengan keinginannya. Selain itu, The Doctor juga sempat mengkritik alokasi ban yang disediakan oleh Michelin, yang menurutnya sangat terbatas untuk diuji coba.

“Valentino menyelesaikan sesi siang dengan motor 2017 dan membuat perbandingan dengan beberapa jenis pengaturan. Terima kasih atas penilaiannya yang mana kami lebih memahami bagaimana pengaruhnya pada keseimbangan motor,” ucap Meregalli melalui laman resmi tim.

“Kami akan kirim data ini ke mekanik Yamaha di Jepang agar mereka bisa mengembangkannya. Tapi secara keseluruhan, posisi kami sudah amat baik di pengujian pertama ini,” tutupnya.

Setelah Valencia, Yamaha dijadwalkan akan melakukan tes pra-musim kembali di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Vinales akan kembali berpasangan dengan Rossi, sementara Jorge Lorenzo akan melakoni tes keduanya bersama Ducati, setelah sebelumnya Yamaha tak mengijinkan X-Fuera menjalani tes dengan Ducati di Jerez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *