December 1, 2021

AutoLive

Automotive Live News

Usai Disemprot Rossi, Michelin Tak Mau Lagi Ada Kontroversi Soal Ban

Selasa (15/11) lalu, sejumlah pabrikan dan tim melakukan tes akhir musim di Valencia, Spanyol. Dari hasil tes tersebut, beberapa pembalap mengeluhkan alokasi ban terhadap masing-masing pembalap. Salah satu rider yang mengeluhkan jatah ban yang bisa digunakan saat tes adalah Valentino Rossi.

usai-disemprot-rossi-michelin-tak-mau-lagi-ada-kontroversi-soal-ban

Pembalap Yamaha itu kencang bersuara menyoal terbatasnya jumlah ban yang disediakan oleh Michelin selama tes di Valencia.

“Kami berada di sini dengan berton-ton hal yang mesti di uji. Tapi kemudian kami hanya memiliki dua ban, ini tentu saja kondisi yang tidak ideal,” keluh Rossi, seperti dilansir dari laman GPOne.

Menanggapi kritikan Rossi tersebut, Manajer Michelin, Piero Taramaso pun langsung merespon kritik dari para pembalap bergengsi di tes resmi Valencia 2016. Apalagi kali ini yang melontarkan kritik adalah legenda balap MotoGP, Valentino Rossi.

“Seluruh pembalap memiliki jumlah ban cukup banyak yang bisa dipakai (dalam tes Valencia). Kami telah menyediakan masing-masing 10 ban depan dan 8 ban belakang. Jumlah itu melewati batas yang harusnya kami penuhi dalam kontrak, yaitu mesti menyediakan 7 ban depan dan 7 ban belakang bagi setiap pembalap,” tutur Taramasso.

Sebenarnya Michelin menyediakan pasokan ban yang melimpah saat tes di Valencia. Namun entah mengapa Rossi malah mengeluh alokasi ban yang menurutnya sangat terbatas. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi di Valencia?

“Itu karena semuanya ingin menggunakan ban depan yang sudah mereka gunakan di lomba Valencia, Minggu (13/11). Atau lebih tepatnya lagi pembalap ingin menggunakan ban yang lebih soft, hanya saja jumlahnya terbatas. Namun kami tetap memberi mereka ban standar soft,” ucap Taramasso.

Usai tes di Valencia, beberapa tim akan melakoni tes pasca-musim kedua di tahun 2016 ini. Yamaha dijadwalkan akan menjalani tes di Sepang, Malaysia tengah pekan depan. Sedangkan beberapa tim lain seperti Ducati dan Honda diberitakan akan melanjutkan tes di Jerez, Spanyol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *