Tribun Sirkuit Assen Direnovasi untuk MotoGP 2018

Pengelola Sirkuit Assen melakukan renovasi di bagian tribun penonton. Pembaruan fasilitas di sirkuit legendaris tersebut dilakukan untuk menyambut MotoGP musim 2018.

tribun-sirkuit-assen-direnovasi-untuk-motogp-2018

Renovasi tribun penonton Sirkuit Assen tahun ini merupakan renovasi yang kedua. Sebelumnya, pihak pengelola telah melakukan renovasi tribun Haarbocht yang juga dikerjakan pada tahun 2017 ini. Sedangkan jelang musim 2018, tribun yang mengalami pembaruan adalah tribun Winterdijk.

Setelah renovasi, tribun Winterdijk akan memiliki panjang total 308 meter, dan tinggi 13 meter. Area penonton ini bisa menampung 9.100 penonton. Tak hanya bagian tribun saja yang diperbaharui, sisi selatan atau ruang melihat penonton juga akan direnovasi. Bagian tersebut dibangun di atas tanah yang bersebelahan dengan tribun lama.

Foto: Motorsport
Foto: Motorsport

Renovasi yang dilakukan membuat terasĀ  penonton terintegrasi dengan gaya duduk penonton, sehingga penonton akan mendapatkan kenyamanan lebih tinggi serta sudut pandang yang lebih bagus.

Untuk renovasi Sirkuit Assen, pemerintah setempat memberikan sumbangan sebesar 2 juta Euro, atau setara dengan 31,9 miliar Rupiah. Pemerintah Kota Assen memang benar-benar total dalam peremajaan sirkuit kebanggaan Belanda tersebut. Sebelumnya, renovasi tribun Haarbocht yang selesai dikerjakan pada tahun 2017 ini merupakan hasil dari investasi pemerintah setempat dan pengelola sirkuit yang menginvestasikan dana sebesar 16 juta Euro (255,6 miliar Rupiah).

Tak hanya sebatas renovasi tribun, renovasi Haarbocht juga mencakup fasilitas penonton lainnya, termasuk katering dan toilet yang juga ditingkatkan. Jaringan serat optik yang luas juga akan dipasang untuk memangkas waktu antrian di pintu masuk sirkuit ketika memindai tiket masuk, serta penggunaan metode pembayaran elektronik untuk pembelian makanan dan minuman.

Pada kalender MotoGP 2018 mendatang, MotoGP Assen atau yang biasa dikenal dengan Dutch TT Assen akan digelar pada 29 Juni 2018. Valentino Rossi merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Assen, yaitu 10 kemenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *