December 1, 2021

AutoLive

Automotive Live News

Tetap Jadi Tuan Rumah, MotoGP Indonesia Digelar Akhir Tahun

Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah MotoGP Musim 2017 Hingga 2019 – Pecinta balap kuda besi MotoGP di Indonesia sempat dibuat ketar-ketir oleh kabar yang menyatakan bahwa Finlandia berpeluang untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah salah satu seri kalender MotoGP musim 2017 hingga 2019. Namun kekecewaan penggila ajang balap motor paling bergengsi sejagad itu tak menjadi kenyataan karena Indonesia dipastikan tetap menjadi tuan rumah untuk tiga musim, yakni 2017 hingga 2019.

indonesia-tetap-jadi-tuan-rumah-motogp-musim-2017-hingga-2019

Selain dipastikan tetap menjadi salah satu tuan rumah seri MotoGP pada tahun 2017-2019, kabar lain yang cukup melegakan adalah mengenai waktu dihelatnya seri MotoGP Indonesia. Kemungkinan besar, MotoGP Indonesia bakal digelar pada akhir tahun, antara September, Oktober, atau November 2017.

Menurut Irawan Sucahyono, mantan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus pihak yang ikut mengurus MotoGP Indonesia, diselanggarakannya MotoGP seri Indonesia pada akhir tahun lebih karena keinginan pemerintah Indonesia sendiri. Namun ia belum bisa memastikan apakah nanti GP Indonesia akan dihelat setelah atau sebelum seri MotoGP Malaysia.

“Kami tidak minta setelah atau sebelum MotoGP Malaysia. Kami hanya meminta pada akhir-akhir (tahun) saja sebelum (GP) Valencia. Nantinya bisa saja Phillip Island (Australia), Sepang (Malaysia), baru Indonesia, atau bisa juga Phillip Island dulu, lalu Indonesia, baru Malaysia,” ujar Irawan saat dijumpai awak media di kantor Kemenpora, Jakarta Selatan, Selasa (22/12).

Lebih lanjut Irawan menyampaikan bahwa seri GP Malaysia dan GP Australia sudah diatur oleh Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP. Hal itu dilakukan untuk menghemat biaya transportasi. Maka dari itu, menurut Irawan, guna menyelaraskan keinginan Dorna Sports, slot GP Indonesia juga diminta ditempatkan di akhir tahun.

“Jadi transportasi seluruh promotor itu menggunakan pesawat. Kalau hitungannya dari Phillip Island ke Malaysia lalu ke Indonesia atau sebaliknya bakal lebih murah ketimbang misalnya dari Phillip Island lalu ke Eropa, lalu ke Asia lagi,” kata Irawan.

Biasanya, memang Dorna Sports mengatur jadwal MotoGP juga memperhitungkan letak kondisi geografis negara penyelenggara. Hal ini pula lah yang membuat GP Indonesia kemungkinan besar dihelat berdekatan dengan GP Malaysia atau GP Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *