Tes MotoGP Jerez Hari ke-2: Pembalap WSBK Tercepat, Ducati Ungguli Honda, Suzuki dan KTM

Ducati meraih hasil positif pada tes pasca musim MotoGP hari ke-2 di Sirkuit Jerez, Spanyol. Ducati yang menurunkan Hector Barbera, Alvaro Bautista, Loriz Baz dan Scott Redding mampu kembali mendominasi pada tes akhir musim 2016.

tes-motogp-jerez-hari-ke-2-pembalap-wsbk-tercepat-ducati-ungguli-honda-suzuki-dan-ktm
Alvaro Bautista (Pull & Bear Aspar Ducati)

Jika di hari pertama, Hector Barbera (Avintia Ducati) mampu menjadi pembalap tercepat, maka pada tes hari ke-2 Alvaro Bautista (Pull & Bear Aspar Ducati) gantian menjadi pencatat waktu tercepat. Ducati memang tampil on-fire pada tes hari Kamis (24/11) di Jerez. Pasalnya, tiga posisi teratas hasil tes dikuasai oleh rider-rider yang menunggangi motor Ducati Desmosedici.

Meski menguasai jalannya tes kelas MotoGP, namun sebenarnya catatan waktu Bautista masih berada di bawah Jonathan Rea dari tim Kawasaki Racing WSBK. Ya, Bautista yang mencatatkan waktu 1 menit 38,946 detik, masih kalah dari juara dunia WSBK 2015-2016 tersebut. Pembalap tim Kawasaki tersebut masih unggul 0,225 detik atas Bautista. Seperti diketahui, dalam tes ini juga diikuti oleh tim-tim dari Kejuaraan Dunia Balap Motor Superbike (WSBK).

jonathan-rea-worldsbk-kawasaki
Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WSBK)

Kemudian, dua pembalap tim satelit Ducati lainnya, Loriz Baz dan Barbera (keduanya dari tim Avintia Racing), berada di urutan kedua dan ketiga daftar pembalap MotoGP tercepat pada hari kedua tes akhir musim Jerez 2016. Baz mencatat waktu 1 menit 39,184 detik atau plus 0,463 detik dari Rea. Sedang Barbera menorehkan 1 menit 39,542 detik atau tertinggal 0,821 detik dari pembalap tercepat.

Sementara itu, Aleix Espargaro kembali konsisten berada di lima besar tercepat tes ini. Pada hari kedua tes akhir musim Jerez 2016, pembalap tim Aprilia tersebut mencatat waktu keempat tercepat, yakni 1 menit 39,675 detik atau +0,954 detik dari Jhonny Rea.

Jika Ducati mampu tampil mendominasi di Jerez, maka tak demikian halnya dengan Honda. Honda yang masih belum menurunkan duo pembalap utama, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, nampak masih kesulitan menemukan settingan terbaik motor RC213V. Adapun, dua pembalap tes Honda masih belum mampu menembus posisi 10 besar daftar catatan waktu tercepat tes akhir musim Jerez. Pada hari kedua pengujian, Jack Miller yang menjajal mesin ‘Big Bang’ masih tertinggal 1,586 detik dari Jhonny Rea. Sedang Hiroshi Aoyama yang mengembangkan mesin ‘Screamer’ masih +2,282 detik dari pembalap tercepat.

Sementara itu tim debutan KTM menempatkan Mika Kallio tepat di bawah Jack Miller. Walau berstatus pembalap penguji, Kallio lagi-lagi mengungguli pembalap reguler yang baru pindah ke timnya, Bradley Smith. Kemudian, Sam Lowes (Aprilia) yang masih terkendala pemulihan cedera, usai terjatuh di tes Valencia sepekan silam, kembali berada di urutan buncit daftar catatan waktu. Kemudian tim Suzuki yang hanya menyisakan pembalap penguji Takuya Tsuda, masih mampu berada satu posisi di atas Aoyama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *