Tech 3 Bakal Dapat Motor Pabrikan?

Performa impresif Johann Zarco bersama tim satelit Yamaha Tech 3 menimbulkan rumor bahwa tim tersebut akan mendapat motor dengan spesifikasi pabrikan untuk musim 2018. Jika hal ini benar, pembalap Tech 3 akan menggunakan motor yang sama seperti yang digunakan Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang membela tim pabrikan Yamaha Factory Racing.

Johann Zarco. Foto: LAT Images
Johann Zarco. Foto: LAT Images

Prestasi Tech 3 pada MotoGP musim 2017 memang mengejutkan. Meski berstatus sebagai tim satelit, namun pembalap mereka, Johann Zarco, mampu mengungguli duet pabrikan Rossi-Vinales. Salah satu prestasi gemilang Zarco-Tech 3 musim ini adalah ketika Zarco mampu finis di podium ke-3 MotoGP Sepang, berbanding terbalik dengan duo pembalap pabrikan Yamaha yang finis di luar lima besar.

Saat Yamaha melakoni tes di Valencia, pertengahan November lalu, Lin Jarvis selaku bos Yamaha sempat ditanya kemungkinan Tech 3 mendapatkan motor dengan spesifikasi 2018. Jarvis pun menjawab: “Pertanyaan bagus. Tapi hari ini saya tidak yakin spesifikasi mana yang akan kami berikan kepada mereka.”

“Kebijakan kami pada dasarnya tetap sama. Jika Anda melihat level performa dan daya saing motor Tech 3 dan pabrikan, mereka sangat dekat. Menurut saya, motor satelit kami mungkin adalah level tertinggi dari semua produsen,” sambung Jarvis, seperti dilansir Motorsport.

“Yang penting bagi kami adalah memutuskan spesifikasi mana yang akan dipakai secara umum tahun depan. Biasanya kami akan menyediakan Tech 3 motor bekas tahun ini. Kami memiliki banyak spesifikasi pengembangan sepanjang tahun ini, dan perlu memutuskan mana yang menjadi dasar spesifikasi,” pungkas Jarvis.

Jawaban tak jauh berbeda dilontarkan team principal Yamah Tech 3, Herve Poncharal. Poncharal mengaku bahwa dirinya bahkan tidak peduli terkait spesifikasi motor tim satelit yang akan digunakan musim depan.

“Saya tidak tahu. Mungkin Anda akan terkejut, tapi saya tidak peduli. Beberapa orang mengatakan dukungan yang saya miliki tidak cukup baik,” beber Poncharal.

“Tapi ini cukup baik untuk melakukan apa yang harus kami lakukan. Johann memenangi rookie terbaik dan juga pembalap independen melawan (Cal) Crutchlow dan (Danilo) Petrucci pada spesifikasi 2017,” imbuh pria asal Perancis tersebut.

Lebih lanjut, Poncharal mengatakan bahwa  semua keputusan perihal spesifikasi YZR-M1 untuk Tech 3 bergantung sepenuhnya pada keputusan dan kebijakan Yamaha, terutama departemen teknis pabrikan Jepang tersebut.

“Pada akhirnya, saya akan mengikuti mereka. Saya tidak khawatir, kami memiliki kolaborasi yang bagus dengan Yamaha dan saya percaya mereka memberikan terbaik yang bisa mereka lakukan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *