Tak Ingin Buang Waktu, Vinales Langsung Targetkan Gelar Juara

Maverick Vinales langsung mematok target juara dunia di tahun pertamanya bersama Yamaha. Pembalap baru Yamaha itu menegaskan bahwa ia tak ingin buang-buang waktu hanya untuk beradaptasi dengan tim dan motor baru di tahun pertamanya bersama Yamaha.

tak-ingin-buang-waktu-vinales-langsung-targetkan-gelar-juara

Seperti dilansir laman Motorsport, ambisi Vinales untuk bisa meraih gelar juara dunia MotoGP pada tahun debutnya bersama Yamaha ia tegaskan usai secara resmi diperkenalkan sebagai pembalap tim Movistar Yamaha MotoGP, Kamis, (19/1) lalu.

“Sejujurnya, ini akan menjadi tahun ketiga saya di MotoGP. Saya pikir sudah cukup belajar untuk mendapatkan pengalaman dan mengetahui bagaimana balapan berjalan,” ucap Vinales dalam launching YZR-M1 2017 di Madrid.

“Saya tahu, saya akan membutuhkan pengalaman dengan Yamaha di balapan. Tapi saya pikir dari balapan pertama kami bisa mulai untuk bertarung demi gelar juara. Penting untuk mengawali musim dengan mentalitas ini,” imbuhnya.

Tak mau separuh-separuh, Vinales bahkan ingin langsung ‘tancap gas’ mengejar titel juara dunia MotoGP sejak seri pembuka di Qatar.

“Karena mungkin di pertengahan musim, jika Anda mulai memikirkan (gelar juara), itu sudah terlambat. Jadi, Anda harus mulai memikirkan seperti itu dan selalu memikirkan target ini,” tegas mantan pembalap Suzuki tersebut.

Saat ditanya bagaimana caranya agar bisa tampil maksimal dengan motor Yamaha YZR-M1 2017, Vinales menjawab bahwa ia telah beradaptasi dengan baik saat menjalani tes akhir musim di Valencia dan Sepang, November 2016 lalu.

“Biasanya, saya beradaptasi sangat cepat. Di Sepang (tes privat), feeling saya sudah siap, ‘Ini motor saya. Saya melakukan apa yang saya inginkan’. Tapi lalu datang pembalap lain (dan lebih cepat). Anda tentu harus meningkatkan diri,” tukasnya.

“Saya pikir tahun ini kami perlu untuk tidak gugup. Tahun lalu, saya kadang-kadang merasa gugup ketika tidak 100 persen. Juga dengan motor, yang mana saya masih lebih lambat 0,4 detik. Saya pikir bisa selalu ada di sana tahun ini. Dan ini penting karena membuat saya sangat tenang,” ujar pemuda kelahiran Figueres, Spanyol itu.

Sebagai informasi, Vinales dikontrak selama dua tahun oleh Yamaha hingga 2018. Sebelumnya, pembalap berusia 21 tahun itu sudah dua musim membela tim ECSTAR Suzuki, dan mampu mempersembahkan 1 kemenangan dan 4 podium pada MotoGP musim 2016 yang lalu.

Vinales memang digadang-gadang akan mampu bersaing di papan atas pada MotoGP 2017. Prediksi itu bahkan keluar langsung dari rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi. Rossi menegaskan bahwa Vinales bisa saja masuk dalam kandidat juara dunia MotoGP 2017, bersama dirinya, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Dalam debutnya bersama Yamaha saat tes pasca-musim di Valencia dan tes privat di Sepang, Vinales menunjukkan bahwa ia sudah bisa ‘nyetel’ dengan motor YZR-M1 2017. Di Valencia, Vinales bahkan mampu menjadi pembalap tercepat saat tes.

“Saya pikir, saya telah banyak belajar di Suzuki, karena tidak mudah untuk mengembangkan motor dari bawah. Pengalaman ini telah memberikan saya banyak keuntungan. Saya memahami sangat baik bagaimana performa motor,” pungkas Vinales.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *