Setahun Insiden Sepang 2015, Ini Komentar Rossi Tentang Marquez

Satu tahun sejak insidennya dengan Marc Marquez di Sepang, Valentino Rossi sepertinya belum bisa melupakan sepenuhnya momen tersebut. Rossi mengatakan bahwa opininya tentang Marquez setelah kejadian di Sepang tahun 2015 silam masih sama.

setahun-insiden-sepang-2015-ini-komentar-rossi-tentang-marquez

Rossi dan Marquez memang terlihat cukup akrab saat sesi jumpa pers jelang MotoGP Malaysia yang digelar Jumat-Minggu, 28-30 Oktober akhir pekan ini. Meski nampak saling bertegur sapa di depan awak media, namun hal tersebut tak membuat Rossi bisa begitu saja melupakan tensi tinggi antara dirinya dengan Marquez.

Sedikit mundur ke tahun 2015 ketika persaingan titel juara dunia antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sedang memuncak, Rossi mengutarakan pernyataan kontroversial yang menyudutkan Marc Marquez.

Seperti diketahui, pada sesi jumpa pers jelang lomba MotoGP Malaysia musim lalu. Rossi mengemukakan opininya yang berujung kontroversi. Saat itu dia terkesan menuduh Marquez seakan melindungi rivalnya di persaingan juara dunia pembalap pada lomba MotoGP Phillip Island sepekan sebelumnya.

Tensi antara Rossi dan Marquez makin tinggi dan mencapai klimaks dalam lomba MotoGP Malaysia 2015. Yakni ketiga mereka tengah bersaing memperebutkan posisi ketiga. Dalam sebuah insiden di tengah lintasan, Marquez sempat terjatuh di aspal dan Rossi akhirnya mendapat hukuman penalti poin.

Gara-gara insiden itu, The Doctor harus mengawali lomba MotoGP Valencia 2015 dari urutan paling buncit. Yang mana hal tersebut ibarat kata merupakan momen dia kehilangan gelar juara dunia ke Jorge Lorenzo yang unggul lima poin di klasemen akhir musim. Rossi lantas menuduh Marquez tidak mencoba untuk mengalahkan Lorenzo di lomba pamungkas.

Hubungan antara Rossi dan Marquez sempat cair di GP Catalunya 2016. Setelah kematian tragis yang menimpa pembalap Moto2, Luis Salom, Rossi dan Marquez sempat berjabat tangan di podium. Keduanya pun sepakat untuk tidak lagi melanjutkan insiden di Sepang tahun 2015.

Akan tetapi rupanya The Doctor masih belum melupakannya 100 persen. Karena kontroversi itu diakui rider 37 tahun tersebut tidak akan berubah walau sudah satu tahun berlalu.

“Adalah sangat penting untuk mencoba tidak memikirkan tentang apa yang terjadi tahun lalu. Saya mencoba untuk tetap kalem dan berkonsentrasi pada dua lomba terakhir musim ini,” tutur Rossi dalam sesi jumpa pers jelang sesi latihan bebas I MotoGP Malaysia 2016.

“Apa yang saya pikirkan pada lomba di Sepang tahun lalu sudah saya kemukakan kepada Anda. Setelah berlalu satu tahun, saya masih merasakan hal yang sama. Namun daripada menengok ke belakang, adalah lebih baik untuk melihat ke masa depan dan mencoba menjalani balapan bagus seperti di Phillip Island,” imbuhnya.

Jika Rossi belum sepenuhnya melupakan Sepang Clash, lantas bagaimana dengan Marquez?

“Tentu saja hubungan antara kami telah berubah sedikit, tapi kini sudah lebih baik dan kami memiliki hubungan profesional, tidak lebih dari itu. Sudah setahun berlalu, tapi situasinya tetap sama dengan opini yang sama,” ujar Marquez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *