Rossi Anggap Vinales Favorit Juara Dunia MotoGP 2017

Valentino Rossi mengungkapkan bahwa rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales, merupakan salah satu pembalap yang difavoritkan untuk bisa merebut titel juara dunia MotoGP 2017. Selain dirinya dan Vinales, Rossi juga menyebutkan bahwa Marc Marquez serta Jorge Lorenzo merupakan kandidat kuat juara dunia musim depan.

Team Suzuki MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales (L) and Movistar Yamaha MotoGP's Italian rider Valentino Rossi (R) attend a press conference at the Marco Simoncelli Circuit, on September 8, 2016, ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix race in Misano. / AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE
Team Suzuki MotoGP’s Spanish rider Maverick Vinales (L) and Movistar Yamaha MotoGP’s Italian rider Valentino Rossi (R) attend a press conference at the Marco Simoncelli Circuit, on September 8, 2016, ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix race in Misano. / AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE

Ucapan Rossi yang menyebut Vinales sebagai salah satu penantang dirinya dalam perburuan titel juara dunia MotoGP 2017 memang bukan asal ucap. Anggapan itu boleh jadi didasarkan fakta, yang mana Vinales tampil sebagai pembalap tercepat dalam dua hari tes akhir musim di Valencia.

Hasil bagus yang diraih Vinales selama tes akhir musim bersama Yamaha memang semakin meyakinkan Rossi bahwa rekan barunya di garasi Yamaha Factory Racing bisa saja merusak dominasi pembalap “big three” yang dihuni oleh dirinya, Marquez, dan Lorenzo.

“Saya pikir favorit untuk gelar juara tahun depan adalah Marquez, Lorenzo, saya…lalu Vinales. Kita lihat saja nanti,” ujar Rossi setelah kemenangannya di ajang Monza Rally Show akhir pekan lalu.

Maverick Vinales sendiri memang langsung terlihat tune-in bersama tim barunya, Yamaha. Pemuda kelahiran Figueres, Spanyol tersebut menjadi yang tercepat pada sesi tes akhir tahun di Sirkuit Valencia akhir November lalu. Vinales juga disebut memperoleh hasil bagus pada tes tertutup Yamaha di Sepang, Malaysia beberapa pekan lalu.

Keberhasilan Vinales beradaptasi secara cepat bersama YZR-M1 memang cukup mengejutkan. Pada tes di Valencia, mantan pembalap Suzuki itu berhasil mengungguli catatan waktu Rossi dan Lorenzo.

Sebelumnya, Rossi juga sempat menyatakan bahwa Vinales bisa saja memberikan “masalah” untuknya.

“Dengan Vinales, saya berharap akan memiliki lebih sedikit masalah. Tapi setelah tes pertama, saya menyadari, bahkan dalam kasus terbaik, ia akan memberi saya banyak masalah seperti Lorenzo,” ujar Rossi dalam sebuah wawancara di stasiun radio Deejay Radio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *