Raih Dua Kemenangan Beruntun, Vinales Akui Belum Nyaman Kendarai YZR-M1

Maverick Vinales tampil sensaional di dua seri awal MotoGP 2017. Pembalap anyar Yamaha itu menang di Qatar dan Argentina. Meski mampu memenangi dua seri MotoGP 2017 secara beruntun, namun Vinales mengaku bahwa ia belum sepenuhnya nyaman mengendarai Yamaha YZR-M1.

raih-dua-kemenangan-beruntun-vinales-akui-belum-nyaman-kendarai-yzr-m1

Crew Chief Movistar Yamaha, Ramon Forcada mengungkapkan bahwa Maverick Vinales masih belum bisa memaksimalkan performa YZR-M1 seperti yang ia inginkan. Fakta yang diungkapkan Forcada ini memang berbalik dengan performa Vinales di atas trek, dimana pembalap asal Spanyol itu kini sedang memimpin klasemen pembalap MotoGP dengan 50 poin hasil podium pertama di Qatar dan Argentina.

Forcada menerangkan bahwa Vinales menghindari late braking (mengerem terlambat) di GP Qatar dan GP Argentina agar bisa mendapatkan keuntungan penuh dari kekuatan traksi YZR-M1 saat keluar dari tikungan.

“Maverick ingin motor yang mudah dikendarai dan memiliki traksi dari Yamaha, yang ternyata seperti Honda dan secepat Ducati,” ujar Forcada, seperti dikutip dari Motorsport.com.

“Tapi semua pembalap ingin seperti itu juga. Karena dia tahu itu tidak mungkin, maka dia tidak mengendarai motor dengan cara paling nyaman, melainkan mencoba untuk mengekstrak maksimal dari apa yang ditawarkan Yamaha,” imbuhnya.

“Dia ingin mengerem terlambat dan lebih keras, dan menikung lebih kencang, seperti Honda. Tapi dia sadar motor ini tidak mungkin. Jadi, dia harus sedikit meniru apa yang dilakukan Jorge (Lorenzo),” terang Forcada.

Forcada lalu mengungkapkan fakta lain kalau Vinales masih memiliki kelemaha dalam hal start balapan. Menurut Forcada, Vinales harus bisa memperbaiki start-nya.

“Dia harus memperbaiki start-nya, tapi itu hanya soal waktu. Dalam kualifikasi, dia harus membiasakan diri untuk mendapatkan catatan waktu pada lap pertama, bukan kedua,” ungkap Forcada.

“Di MotoGP, jika Anda terjebak (pada start), lima pembalap akan menyalip Anda sebelum tikungan pertama. Dan jika target Anda untuk menang, maka itu akan menyulitkan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *