Preview MotoGP Malaysia

Minggu (30/10) pekan ini, balapan MotoGP akan kembali digelar. Seri ke-17 dari kalender MotoGP 2016 akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sesi free practice dan kualifikasi akan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu (28-29/10). Sedangkan lomba akan dilaksanakan pada hari Minggu siang waktu setempat.

preview-motogp-malaysia

Meski gelar juara dunia sudah dipastikan jatuh dipelukan Marc Marquez, bukan berarti tensi MotoGP di dua seri terakhir akan mengendur. Di belakang Marquez, masih ada Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales yang masih memburu posisi runner-up dunia. Sedangkan di klasemen konstruktor, Honda bertekad untuk merebut kembali juara dunia konstruktor yang musim lalu diraih Yamaha.

Honda akan berusaha memastikan gelar konstruktor pabrikan pada lomba kelas bergengsi MotoGP Malaysia 2016. Saat ini mereka berada di posisi teratas klasemen sementara dengan 341 poin, lalu dikuti oleh Yamaha (308), Ducati (220), Suzuki (187) dan Aprilia (86).

Persaingan konstruktor memang tak kalah sengit dari persaingan pembalap. Honda-Yamaha diprediksi akan habis-habisan di dua seri terakhir MotoGP musim 2016 ini. Hingga GP Australia pekan lalu, Repsol Honda masih memimpin klasemen sementara konstruktor dengan 429 poin, disusul Movistar Yamaha tepat dibelakangnya dengan total 408 poin.

Sementara untuk kategori pembalap, jagoan Yamaha, Valentino Rossi akan berusaha mempertahakan posisi runner-up yang kini dia tempati dengan 273 poin, dari kejaran rekan setimnya musim ini Jorge Lorenzo (192) dan calon rekan setimnya musim depan Maverick Vinales (181).

Sedikit kelemahan bagi Repsol Honda adalah masih absennya rider kedua mereka, Dani Pedrosa. Seperti kita ketahui, Pedrosa masih harus absen akibat cedera. Di Sepang, posisi Dani akan diambil-alih oleh Hiroshi Aoyama.

Balapan di Sepang sendiri diprediksi akan beralngsung sengit. Apalagi lintasan aspal di Sepang baru saja mengalami proses aspal ulang dan renovasi di lengkungan kurva dan kerbs tikungan 15, sehingga para rider harus beradaptasi kembali. Akibatnya produsen ban resmi MotoGP 2016, Michelin, belum punya data terbaru dengan aspal di sana walau pernah menjalani tes pra-musim ini pada Februari silam. Namun yang pasti, faktor-faktor teknis dan non-teknis di atas tadi pastinya akan membuat balapan di Sepang akhir pekan nanti sangat menarik untuk disaksikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *