Pembalap MotoGP Khawatir Hujan Turun Saat Balapan di Qatar

MotoGP menegaskan bahwa balapan GP Qatar akan tetap digelar meskipun hujan turun membasahi lintasan. Sebelumnya, para pembalap MotoGP sempat khawatir jika balapan di Qatar tetap digelar saat hujan.

pembalap-motogp-khawatir-hujan-turun-saat-balapan-di-qatar

Perwakilan Dorna Sports S.L. selaku promotor MotoGP dan Race Direction yang diwakili oleh Loris Capirossi dan FIM Safety Officer, Franco Udini, baru-baru ini menggelar uji coba di Sirkuit Losail, Qatar. Mereka kemudian menyimpulkan bahwa balapan saat hujan di Losail tetap aman. Lampu penerangan sirkuit dinyatakan tidak memantulkan cahaya yang bisa mengganggu pandangan pembalap, sehingga balapan malam tetap bisa digelar meski trek diguyur hujan.

Kendati peluang akan turunnya hujan di Losail nanti kecil, namun bukan berarti kondisi terburuk bisa saja terjadi. Kejadian pada MotoGP  musim 2009 tentu bisa menjadi bahan pelajaran. Kala itu, hujan secara tak terduga turun di Losail. Guna menghindari kekacauan yang bisa berakibat fatal akibat lintasan basah, lomba pun terpaksa dipindah ke hari Senin.

Jelang musim 2017 yang akan diawali di Qatar, pihak MotoGP pun sudah melakukan persiapan agar kejadian 2009 tak terulang lagi. Namun simulasi wet-race yang dilakukan operator MotoGP di Losail tak serta merta membuat pembalap bisa bernafas lega. Beberapa dari mereka masih mengkhawatirkan lintasan basah Losail yang dianggap terlalu berbahaya.

“Apa yang harus kami lakukan adalah pergi ke sana dan mencoba, karena kami tidak pernah balapan saat hujan pada malam hari. Masalah akan terlihat apakah cahaya lampu (penerangan sirkuit) dapat terpantul pada aspal atau tidak,” ucap pembalap Yamaha, Maverick Vinales, seperti dilansir laman Motorsport.

Ucapan senada juga muncul dari pembalap Aspar Ducati, Alvaro Bautista.

“Saya tidak melihat ini sebagai hal sederhana, karena Anda sudah banyak menderita karena pantulan (dari cahaya lampu), bahkan ketika Anda mengendarai motor jalanan dalam kondisi seperti itu.

“Saya tidak melihat ini hal positif, tapi kami tidak akan tahu secara pasti hingga mencobanya. Apapun, lebih baik tidak hujan sama sekali, agar semua orang merasa senang,” ujar Bautista.

Sementara itu, Pol Espargaro, menyarankan agar setiap balapan pada malam hari memerlukan persetujuan dari mayoritas pembalap untuk dilanjutkan.

“Pada akhirnya, itu akan menjadi masalah konsesus di antara pembalap. Saya bahkan tidak tahu mengapa para pembalap tidak ditanyai tentang hal ini,” ujar pembalap tim KTM tersebut.

“Begitu kami ada di sana, kami akan membahasnya saat rapat komisi keselamatan (pada Jumat),” imbuh Espargaro.

Di lain pihak, Crew Chief Maverick Vinales di tim Yamaha, Ramon Forcada menilai bahwa uji coba yang dilakukan oleh Capirossi dan Uncini tidak dianggap mewakili pembalap. Pasalnya, uji coba dilakukan dengan cahaya buatan pada trek basah. Siatuasi itu dianggap Forcada akan sangat berbeda dengan balapan sebenarnya.

“Jika hujan, kami akan mencoba untuk melihat bagaimana itu berdampak pada pantulan dari cahaya buatan. Jadi sejauh ini, hanya Uncini dan Capirossi yang telah mencobanya, dengan hujan sedikit atau trek yang basah, di mana tidak sama. Karena pada dasarnya ada perbedaan dalam temperatur,” ujar Forcada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *