Pelatih Jorge Lorenzo Berpaling ke Pol Espargaro

Keputusan Jorge Lorenzo untuk pindah ke Ducati tak serta merta diikuti oleh orang-orang yang biasa berada di belakangnya. Terbaru, Marc Rovira yang merupakan pelatih Lorenzo selama di Yamaha justru tak mengitu jejak X-Fuera menuju Ducati. Rovira justru memilih bergabung dengan Pol Espargaro di tim Red Bull KTM Factory Racing.

pelatih-jorge-lorenzo-berpaling-ke-pol-espargaroSeperti dilaporkan laman Motorsport, Rovira adalah orang yang bertanggung jawab terhadap persiapan fisik Jorge Lorenzo. Selama tiga tahun terakhir, Rovira berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Ia juga berperan mengantar Lorenzo menjadi juara dunia MotoGP 2015.

Namun kerjasama antara Rovira dan Lorenzo akan berakhir musim depan. Rovira akan beralih menjadi pelatih Pol Espargaro dan akan membantu persiapan fisik Espargaro di KTM. Bahkan, demia Espargaro, Rovira rela memutuskan tinggal di Andorra. Disana ia akan menyiapkan berbagai hal agar Espargaro mampu tampil maksimal bersama KTM pada MotoGP musim depan.

Sementara itu, pasca ditinggal Rovira, Lorenzo bergegas mencari penggantinya. Seleksi masih terus dilakukan olehnya dan pengumuman bakal dilakukan pada awal 2017.

Sebelumnya, Lorenzo juga sudah meminta bantuan mantan pembalap Ducati, Casey Stoner, untuk bisa membantunya beradaptasi di Ducati. Namun Stoner hanya mau membimbing Lorenzo dalam persiapan teknis dan adaptasi dengan Desmosedici GP17. Mantan juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 itu menolak untuk ikut campur lebih jauh di garasi Ducati.

Rovira sendiri bukan orang kepercayaan Lorenzo pertama yang memutuskan kerjasama dengannya pasca ia hijrah ke Ducati. Sebelum Rovira, Ramon Forcada yang merupakan salah satu mekanik Lorenzo juga menolak menuruti permintaan Lorenzo untuk ikut pindah ke Ducati. Alasan Forcada memutuskan untuk bertahan di Yamaha lantaran ia lebih suka membantu pembalap masa depan seperti Maverick Vinales.

Ditinggal orang-orang kepercayaannya membuat Lorenzo diprediksi akan menemui kesulitan dalam beradaptasi di Ducati. Kendati demikian, Lorenzo mendapat dukungan dari beberapa mantan pembalap senior yang percaya bahwa ia mampu mengatasi situasi sulit tersebut. Salah satu mantan pembalap yang mendukung Lorenzo adalah legenda Italia Max Biaggi.

“Kami telah membicarakannya (kepindahan Lorenzo) pada tahun lalu. Dengan situasi yang dihadapinya, dia telah melakukan sesuatu yang tepat. Selain itu Ducati juga mengatakan tak punya alasan untuk Jorge, yang artinya mereka siap memberikan segalanya kepada Jorge. Mereka berusaha membuat motor yang bisa reguler menang,” ujar Biaggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *