Suzuki Panggil Pembalap Jepang Gantikan Alex Rins di Tes Jerez

Tim Suzuki Ecstar dipastikan tak akan menurunkan line-up utama pada tes pasca musim MotoGP terakhir tahun ini di Sirkuit Jerez, Spanyol. Ya, Suzuki tidak bisa menurunkan Alex Rins pada tes Jerez karena sang pembalap mengalami cedera. Suzuki sendiri memanggil pembalap test-rider asal Jepang, Takuya Tsuda, untuk menggantikan Rins pada rangkaian tes tertutup di Jerez, Rabu-Kamis (23-24/11) ini.

pembalap-jepang-gantikan-alex-rins-di-tes-jerez

Sebagaimana kita tahu, Alex Rins mengalami setelah terjatuh kala ia menjalani tes paca musim perdana Suzuki di Valencia pekan lalu. Tulang punggung Rins mengalami cedera yang cukup serius setelah terjatuh pada tikungan ke-12 Sirkuit Valencia. Dia bahkan sempat dibawa ke Dexeus Clinic di Barcelona dengan menggunakan mobil ambulans untuk menjalani perawatan selama dua hari. Meski kondisinya cukup parah,namun Rins masih mampu berbicara dan bergerak tanpa kesulitan, tapi merasakan rasa sakit di punggungnya.

Usai kecelakaan, dia lalu dibawa dengan menggunakan mobil ambulans ke rumah sakit terdekat di Valencia, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Rins mengalami cedera tulang punggung ruas kedelapan (T8) dan ke-12 (T12). Dokter pun menyarankan sang pembalap untuk beristirahat selama satu bulan.

Itu artinya, Rins akan absen dalam tes tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol, 23-24 November 2016. Namun, dia akan dapat kembali mengikuti tes pramusim 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia pada akhir Januari.

Adapun dokter menyarankan sementara waktu pembalap asal Spanyol tersebut memakai korset untuk melindungi cedera pada tulang punggungnya. Dengan kondisi joki berusia 20 tahun yang masih tergolek memulihkan diri, tim Suzuki mau tidak mau memakai jasa pembalap pengganti buat menemani Andrea Iannone menjajal GSX-RR di tes Jerez.

Tanpa Rins, Takuya Tsuda akan menemani Andrea Iannone pada tes di Jerez pekan ini. Seperti diketahui, Takuya merupakan pembalap Jepang yang sudah lama jadi test rider resmi Suzuki. Dia juga sudah sering berlomba di berbagai ajang kelas dunia dengan motor tim asal Hamamatsu tersebut, seperti di lomba ketahanan Suzuka 8 Hours. Dan Takuya juga pernah menguji motor prototipe MotoGP Suzuki di tes Malaysia 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *