MotoGP Valencia: Pedrosa Podium Pertama, Marquez Juara Dunia

Seri pamungkas MotoGP 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11) berujung dramatis. Dani Pedrosa berhasil merebut podium pertama, Marc Marquez meraih gelar juara dunia MotoGP keempatnya, dan Adrea Dovizioso gagal finis.

Foto: Getty Images
Marc Marquez. Foto: Getty Images

MotoGP Valencia akhir pekan kemarin memang menjadi puncak drama dari gelaran MotoGP musim 2017. Dua rider yang sedang memuncaki klasemen, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso, akan saling salip demi titel juara dunia MotoGP 2017.

Marquez yang unggul jumlah poin atas Dovi berada di atas angin dengan start dari posisi terdepan. Sedangkan Dovi harus memulai lomba dari posisi keenam. Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Johann Zarco dan Jorge Lorenzo berurutan berada di depan Dovi.

Lomba baru berjalan tiga lap, Zarco membuat kejutan dengan mengambil alih pimpinan lomba. Pembalap Yamaha Tech 3 itu berhasil menyalip Marquez. Sebelum disalip oleh rookie terbaik MotoGP 2017 tersebut, Marquez sempat menoleh ke belakang.

Dengan Zarco memimpin lomba, maka perhatian pun tertuju pada Marquez yang berada di posisi dua dan Dovi yang berada di posisi enam.

Drama pun dimulai. Pada lap 13, Lorenzo yang tepat berada di depan Dovi mendapat pesan “Mapping 8” di dasbor motornya. Di tepi lintasan, terlihat kru Ducati memperlihatkan tanda anak panah dengan posisi terbalik. Sebuah tanda agar Lorenzo “memberikan” jalan bagi Dovi yang bersaing dalam perebutan titel juara dunia.

Meski pesan untuk memberikan jalan pada Dovi diulangi hingga empat kali, namun Lorenzo tak mengindahkan pesan tersebut. Ia tetap mempertahankan posisinya. Sementara di posisi dua terdepan, Marquez terus berusaha mendekati Zarco, dengan Pedrosa tepat di belakang The Baby Alien.

Drama belum selesai disini. Melalui sebuah manuver halus di tujuh lap sisa, Marquez berhasil menyalip Zarco. Peluang meraih gelar juara dunia MotoGP 2017 pun mengarah kepada pembalap Repsol Honda tersebut. Namun Marquez membuat kecerobohan yang hampir memupus peluang juaranya. Tepat di turn 1, Marquez melebar dan sempat keluar lintasan. Beruntung ia tidak terjatuh. Namun karena kesalahannya tersebut, ia terlempar ke posisi lima. Posisi Marquez di tabel klasemen masih aman, karena Dovi berada di posisi empat.

Kans Dovi untuk merangsek ke posisi tiga besar terbuka ketika Lorenzo terjatuh. Namun naas bagi Dovi. Ia malah terjatuh di lap 25. Kegagalan Dovi melanjutkan lomba tentu membuat Marquez menyegel titel juara dunia MotoGP 2017, meski rider berusia 24 tahun itu hanya finis di posisi ketiga. MotoGP Valencia sendiri dimenangi oleh Dani Pedrosa yang bertarung sengit dengan Zarco di lap-lap akhir.

Gelar juara dunia keempat Marquez di kelas tertinggi melengkapi total enam gelar juara dunia sepanjang karir pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez sendiri memang pantas menjadi yang terbaik musim ini. Tak hanya sukses meraih titel juara dunia, Marquez juga merupakan pembalap dengan koleksi pole position terbanyak musim ini, yakni delapan kali. Ya, konsistensi adalah kunci di balik kesuksesan The Baby Alien menjadi kampiun MotoGP 2017.

Hasil lomba MotoGP Valencia 2017:

a244d1ac-e86c-48cf-92c9-c5934b21fbb0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *