MotoGP Punya 3 Aturan Teknis Baru, Persaingan 2017 Dipastikan Semakin Seru

Persaingan antar pembalap MotoGP pada musim 2017 dipastikan akan semakin seru. Hal ini karena Dorna Sport sebagai promotor utama MotoGP telah mengeluarkan 3 aturan teknis baru terkait ban.

motogp-punya-3-aturan-teknis-baru-persaingan-2017-dipastikan-semakin-seru

Aturan baru soal ban dikeluarkan oleh Dorna Sport pada Rabu (21/12). Dalam rapat internal Komisi Grand Prix di Madrid, Spanyol, Dorna memutuskan untuk mengeluarkan tiga peraturan baru yang berfokus pada ban. Permasalahan ban sendiri merupakan masalah krusial akhir-akhir ini. Bahkan, pembalap papan atas seperti Valentino Rossi sempat mengkritik alokasi ban saat melakukan tes di Valencia, November lalu.

Dalam rapat internal di Madrid, para petinggi MotoGP seperti Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Ignacio Verneda (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Takanao Tsubouchi (MSMA), dengan sekretaris Mike Trimby terlihat hadir. Dan berikut adalah hasil tiga aturan baru teknis untuk ban di MotoGP 2017, selain dari keputusan Michelin sebelumnya beberapa waktu lalu  yang tidak lagi menyediakan ban intermediate.

1. Deteksi Otomatis Jenis Ban

Bekerjasama dengan Michelin dan setiap tim pabrikan di kategori kelas bergengsi (MotoGP), sistem baru akan diimplementasikan untuk memungkinkan deteksi otomatis dari jenis kompon ban yang digunakan oleh pembalap. Informasi ini akan tersedia untuk semua pembalap dan tim, serta untuk televisi.

Deteksi penggunaan kompon ban yang digunakan oleh setiap pembalap di lintasan, akan dilakukan oleh sebuah teknologi nirkabel. Informasi ini akan disalurkan ke ECU terpadu, kemudian diteruskan ke pelaporan sistem waktu di lintasan melalui versi terbaru dari perangkat lunak terpadu.

2. Penambahan Jumlah Ban

Untuk mengatasi masalah handicap yang dirasakan oleh dua pembalap yang lolos dari sesi kualifikasi I. Mereka akan mendapat tambahan ban belakang slick berkompon soft pada sesi kualifikasi II. Sedang untuk jumlah total ban yang tersedia untuk setiap pembalap tetap tidak berubah.

3. Lampiran

Dalam informasi yang diungkapkan pada keputusan dari Madrid Grants Commission pada 2 Desember 2016. Dinyatakan bahwa jumlah maksimum ban basah dan kering tetap tidak berubah, itu tidak benar. Mulai 2017, jumlah maksimum ban basah yang tersedia untuk setiap pembalap adalah 5 untuk ban depan dan 6 untuk ban belakang. (Direktur lomba masih dapat menyetujui penambahan untuk ban depan dan belakang ketika semua sesi latihan bebas dan kualifikasi dilakukan dalam kondisi basah).

Dari tiga aturan baru tersebut bisa ditarik kesimpulan:

  1. Mulai 2017, setiap tim dan pembalap bakal mengetahui kompon ban apa yang tengah dipakai oleh pembalap pesaing. Dengan begitu, setelah membandingkan catatan waktu satu sama lain di sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga pemanasan, semakin mengetahui kompon ban apa yang cocok buat mereka gunakan saat lomba.
  2. Sebelum 2017, 2 pembalap yang lolos dari babak kualifikasi (BK) I, rentan kehabisan stok ban slick kompon soft (bsks) di BK II. Karena mereka sudah habis-habisan menggunakan stok BSKS buat mencatat waktu tercepat di BK I. Kalau mereka lolos ke BK II dan kehabisan stok BSKS baru, mereka hanya akan menggunakan BSKS sisa dari perjuangan mereka di BK I, yang mana bakal tak maksimal mencatat waktu tercepat di BK II. Alokasi penambahan jumlah BSKS buat 2 pembalap yang lolos dari BK I ke BK II tentu saja bakal disambut gembira.

 

*sumber: Motorsport, Sindonews Sports

One thought on “MotoGP Punya 3 Aturan Teknis Baru, Persaingan 2017 Dipastikan Semakin Seru

  1. Hello admin !! I read your website everyday and i must say you have hi quality articles here.
    Your page deserves to go viral. You need initial traffic
    only. How to go viral fast? Search for: forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *