MotoGP Jerez: Tampil Dominan Sejak Awal, Pedrosa Jadi Juara

Dani Pedrosa tampil dominan pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5) kemarin. Pembalap Repsol Honda itu tampil sempurna dengan memimpin jalannya lomba dari awal start hingga menjadi orang pertama yang menyentuh garis finis.

motogp-jerez-tampil-dominan-sejak-awal-pedrosa-jadi-juara

endoresePedrosa berhasil menjadi juara MotoGP Jerez 2017 dengan penampilan sempurna. Ia mengalahkan rekan setimnya, Marc Marquez yang menempati podium kedua, serta pembalap Ducati, Jorge Lorenzo.

Seri keempat MotoGP Spanyol sendiri boleh dibilang menyajikan sejumlah kejutan. Mulai dari kemenangan sempurna Pedrosa, performa impresif Lorenzo, rookie Johann Zarco yang berhasil tampil menggigit dan tanda tanya besar kepada penampilan Valentino Rossi.

Menempati pole positon di Jerez, Dani Pedrosa memulai lomba dengan baik. The Little Spaniard, langsung melesat ke depan untuk memimpin balapan. Marquez di posisi kedua, diikuti Andrea Iannone, Cal Crutchlow dan Maverick Vinales. Sedangkan, Rossi terlibat duel awal dengan Zarco untuk posisi keenam.

Memasuki Lap 2, debutan kelas premier dari tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco menunjukkan kapabilitasnya. Pembalap asalPerancis itu berhasil menyalip tiga pembalap yang berada di depannya, di antaranya Vinales, Crutchlow dan Iannone. Dua lap berikutnya, rookie Yamaha Tech 3 itu menyalip Marquez untuk posisi kedua. Tapi pembalap Repsol Honda ini membalasnya pada Lap 6.

Pada Lap 11, Pedrosa telah unggul 1,506 detik di depan Marquez. Perhatian pun mulai tertuju kepada Lorenzo yang memangkas jarak dan mendekati Zarco untuk posisi ketiga. Satu lap berikutnya, pembalap Spanyol ini menyalip Zarco.

Menjelang berakhirnya balapan, laju kencang Pedrosa sudah tak terbendung lagi. Marquez sempat mencoba untuk memangkas jarak. Namun, lima kali juara dunia ini akhirnya memilih mengamankan posisi kedua. Hingga garis finis, Pedrosa tetap menjadi pemimpin lomba. Ia juga sekaligus menegaskan diri sebagai pemenang Grand Prix ke-3.000. Dan kemenangan di Jerez ini merupakan yang pertama bagi sang pembalap setelah terakhir kali podium pertama di Misano 2016.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Marquez. Lorenzo pun melengkapi kejayaan pembalap Spanyol lewat keberhasilan podium ketiga di Jerez. Hasil finis ketiga Lorenzo di Jerez pun menjadi sebuah hasil yang manis bagi Ducati, khususnya Lorenzo dimana ia berhasil memberikan podium pertama bagi tim barunya.

Di tempat keempat, Zarco menunjukkan progres luar biasa setelah juga tampil gemiland di GP Austin lalu. Ia mengungguli Andrea Dovizioso dan Vinales yang harus puas finis keenam. Danilo Petrucci finis ketujuh, di depan rookie Jonas Folger. Finis kesembilan diraih pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, yang mampu menyalip Rossi.

Penampilan Rossi sendiri memang mengundang pertanyaan besar menyusul hasil finis ke-10. Belum diketahui secara detail apa yang terjadi kepada The Doctor. Sepanjang balapan yang berlangsung 27 lap pun, ia tampak kesulitan dan banyak kehilangan posisi.

Enam pembalap tercatat tidak finis, yakni Iannone, Crutchlow, Tito Rabat, Jack Miller, Alvaro Bautista dan Pol Espargaro. Miller dan Bautista terlibat insiden di Tikungan 1 pada Lap 6. Usai kecelakaan, Miller juga terlihat mendorong tubuh pembalap Aspar Team itu.

Dengan hasil ini, Rossi masih memimpin klasemen dengan torehan 62 poin. Namun, ia kini hanya terpaut dua poin dari Vinales. Peringkat ketiga masih ditempati Marquez dengan 58 poin, Pedrosa naik ke peringkat keempat (52 poin) dan Dovizioso turun di peringkat kelima (21 poin).

Selanjutnya, gelaran MotoGP 2017 akan kembali digelar di Sirkuit Le Mans, Perancis, tanggal 21 Mei 2017 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *