MotoGP Classic: Duel Maut Rossi vs Stoner Laguna Seca 2008

Jika Anda diminta menyebut salah satu aksi terbaik pembalap MotoGP pastinya GP Amerika Serikat 2008 di Sirkuit Laguna Seca akan menjadi jawaban wajib Anda. Ya, GP Laguna Seca 2008 memang disebut-sebut sebagai salah satu momen tak terlupakan sepanjang sejarah MotoGP. Pelaku utama ‘duel’ tersebut adalah dua legenda MotoGP, Valentino Rossi dan Casey Stoner.

Valentino Rossi yang kala itu menjalani periode pertama membela Yamaha menyimpan api dendam pada Casey Stoner karena Stoner mampu mencuri gelar juara dunia MotoGP 2007. Alhasil, musim 2008 pun dijadikan Rossi sebagai ajang balas dendam kepada Kuri-kuri Boy.

Menggeber Yamaha YZR-M1 2008, Rossi memang dijagokan untuk menjuarai GP Laguna Seca yang digelar Minggu, (20/7/08). Stoner sendiri sangat percaya diri dengan performa Desmosedici GP8 yang musim sebelumnya sukses membungkam Rossi.

Rossi memulai balapan dari posisi terdepan. Tak perlu menunggu lama, ‘duel maut’ dua rider terbaik MotoGP pun langsung tersaji. Rossi-Stoner langsung melesat di depan pembalap lainnya. Keduanya terlibat aksi saling susul dengan jarak yang sangat dekat. YZR-M1 yang dikenal unggul di tikungan benar-benar dimanfaatkan Rossi. Sementara itu, Stoner pun memaksimalkan power Desmosedici GP8 yang dikenal ‘liar’ dengan memanfaatkan trek lurus Laguna Seca.

motogp-classic-duel-maut-rossi-vs-stoner-laguna-seca-2008

Puncaknya, lap 23 Rossi sukses menyalip Stoner di tikungan ‘corkscrew’ dengan manuver nekad: masuk ke trek gravel. Aksi ‘edan’ Rossi itu pun membuat paddock Yamaha berteriak seakan tak percaya sambil terkagum-kagum. Tak berhenti sampai disitu saja, Stoner terus menempel Rossi dengan jarak sangat tipis. Namun duel akhirnya dimenangkan Rossi setelah pada tikungan terakhir Stoner malah melebar.

Rossi pun tak terkejar lagi hingga garis finis. The Doctor menyelesaikan GP Laguna Seca 2008 dengan catatan waktu 1:21.488, sekaligus semakin memantapkan posisinya untuk mengejar gelar juara dunia MotoGP 2008.

motogp-classic-duel-maut-rossi-vs-stoner-laguna-seca-08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *