MotoGP Amerika: Marquez Lanjutkan Rekor Sempurna di COTA, Vinales Terjatuh

Marc Marquez membayar tuntas dua penampilan buruknya di awal musim MotoGP 2017. Pada seri ketiga MotoGP di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Texas, Marquez tampil prima dengan meraih podium pertama. Sementara itu, Maverick Vinales yang di dua seri sebelumnya selalu menjadi juara, malah gagal finis di GP Amerika.

motogp-amerika-marquez-lanjutkan-rekor-sempurna-di-cota-vinales-terjatuh

Sebelum seri ketiga di Austin, penggemar sangat menanti duel antara Marquez dan Vinales. Marquez yang punya rekor sempurna di COTA, akan ditantang pesaing baru Vinales yang juga tampil sempurna di dua seri awal MotoGP 2017. Namun duel tersebut urung terjadi karena Vinales terjatuh di Tikungan 18, Lap 2.

Balapan dibuka dengan Dani Pedrosa yang berhasil menyodok ke posisi depan. Pembalap Repsol Honda itu mampu mengungguli Marquez, Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang turun ke posisi keempat. Johann Zarco dan Jorge Lorenzo membuntuti rombongan pertama di posisi kelima dan keenam.

Masuk ke Lap 2, drama pun mulai terjadi. Secara mengejutkan, Vinales gagal mengendalikan motornya di Tikungan 18. Pembalap Movistar Yamaha itu pun terjatuh. Jatuhnya Vinales membuyarkan harapan penonton untuk bisa menyaksikan duel sengit Vinales dengan Marquez.

Dengan jatuhnya Vinales, maka duel untuk posisi terdepan tinggal menyisakan Pedrosa, Marquez dan Rossi. Namun drama lanjutan di Austin muncul tatkala Zarco meramaikan perburuan podium juara dengan usahanya menyalip Rossi. Namun sayang, aksi overtaking Zarco berbuntut panjang karena mengakibatkan Rossi melebar di Tikungan 4. Dan karena insiden dengan Zarco itu pula, FIM MotoGP Stewards lalu menjatuhkan penalti 0,3 detik kepada Rossi – ditambahkan pada waktu di akhir balapan – karena The Doctor dianggap mengambil keuntungan.

Dominasi Marquez di COTA ditentukan pada Lap 9 ketika The Baby Alien mempu menyalip Pedrosa di Tikungan 7. Laju kencang Marquez pun tak terbendung hingga Lap terakhir. Marquez pun menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis MotoGP Amerika.

Kemenangan di MotoGP Amerika 2017 merupakan kemenangan kelima Marquez secara beruntun. Pembalap Repsol Honda itu melanjutkan rekor sempurna, yakni selalu menang dari pole position. Kemenangan ini juga merupakan yang pertama sejak ia mengunci gelar juara dunia di Motegi 2016.

“Itu adalah balapan yang sulit. Pada awal balapan, saya mencoba untuk tetap tenang. Saya tidak memakai ban depan hard sejak Jumat. Pada awalnya, saya mengalami chattering (getaran). Tapi saya mampu untuk konsisten hingga akhir balapan,” ucap Marquez, seperti dikutip dari laman Motorsport.com.

Di belakang Marquez, ada Valentino Rossi yang finis kedua. Rossi lagi-lagi menunjukkan kelasnya sebagai “pembalap hari Minggu” dengan penampilan mengesankan di COTA. Menguntit ketat dan terus membayangi Pedrosa, The Doctor berhasil menyalip pembalap Spanyol itu pada tiga lap terakhir. Kemudian di podium ketiga ada rekan setim Marquez, Dani Pedrosa. Cal Crutchlow secara mengejutkan mampu mengungguli Zarco untuk merebut posisi finis keempat. Posisi keenam ditempati Andrea Dovizioso, yang finis di depan mantan rekan satu tim, Andrea Iannone. Pembalap Suzuki ini sempat berada di luar 10 besar pada lap-lap awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *