Cuaca Sesuai Prediksi Rossi, Yamaha Siap Geber M1 di Sepang

Kalender MotoGP 2016 secara resmi akan berakhir dengan masing-masing tim akan menjalani tes pasca-musim terakhirnya. Berbeda dengan tim lain yang memilih Jerez sebagai lokasi pengujian, tim Yamaha memilih terbang jauh ke Asia guna melakukan tes terakhir tahun ini. Sirkuit Sepang, Malaysia dipilih Yamaha sebagai arena pengjuian YZR-M1 2017 yang akan digeber oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

cuaca-sesuai-prediksi-rossi-yamaha-siap-geber-tes-di-sepang

Rabu-Kamis (23-24/11) waktu Malaysia, Yamaha akan melakoni tes pasca-musim terakhir setelah beberapa pekan lalu memperloleh hasil penting pada tes di Valencia. Di Malaysia, duet pembalap utama Yamaha yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales akan ditemani pembalap tim satelit, yaitu Johann Zarco dan Jonas Folger dari tim Yamaha Tech 3.

Rossi yang sempat ngambek di Valencia, mengutarakan antusiasmenya jelang tes di Sepang. Pasalnya, Yamaha telah menjanjikan mesin dan suku cadang baru YZR-M1 2017 untuk menutupi kekurangan saat tes di Valencia. Itu artinya, tuntutan Rossi akan perubahan pada YZR-M1 2017 akan dituruti oleh Yamaha.

Meski sudah mempersiapkan mesin baru, namun kendala non-teknis tetap dikhawatirkan menjelang tes Yamaha di Sepang. Apalagi kalau bukan masalah cuaca. Cuaca di Sirkuit Sepang memang dikenal sulit diprediksi.

Berbeda dengan Jerez yang diprediksi akan diselimuti  cuaca cerah dengan suhu 6-16 derajat Celcius pada hari pertama (Rabu, 23/11) dan cerah berawan dengan suhu 9-16 derajat Celcius pada hari kedua (Kamis, 24/11), cuaca di Sepang menurut Weather.com malah diprediksi cerah pada pagi hari dan hujan pada siang hingga sore (suhu 28-36 derajat Celcius) pada hari pertama (Rabu, 23/11) dan cuaca serupa (suhu 28-37 derajat Celcius) pada hari kedua (Kamis, 24/11).

Meski perubahan cuaca yang cukup drastis kerap terjadi Sepang, namun hal ini sudah diprediksi sendiri oleh Rossi. Sebelumnya, Rossi berujar bahwa tim Yamaha bakal mengalami kesulitan, atau takkan maksimal saat pengujian akhir musim Sepang 2016, kalau cuacanya berlangsung dalam kondisi percampuran antara kering dan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *