Mika Kallio Jadi Joki KTM RC16 di Valencia

Grid start GP Valencia pada Minggu (13/11) akan terasa spesial. Ya, MotoGP kelas premier akan menyambut “pemain baru”, yaitu Red Bull KTM Factory Racing. Pada seri terakhir MotoGP musim 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia akhir pekan nanti, KTM akan menjalani penampilan perdana di ajang balap bergengsi kelas utama. Di Valencia, Red Bull KTM akan menurunkan motor KTM RC16 bernomor 36 dengan rider Mika Kallio sebagai pembalapnya.

mika-kallio-jadi-joki-ktm-rc16-di-valencia

Seperti dilaporkan oleh laman Motorsport, KTM sendiri sudah menjalani rangkaian tes eksklusif di MotoGP sebanyak 7 kali dengan total menghabiskan 35 hari di trek. Pada sisa musim 2016, pabrikan otomotif asal Austria tersebut akan tampil pada race ke-18 atau penutup musim. Dan pada musim 2017, tim yang identik dengan warna oranye tersebut akan tampil semusim penuh.

KTM akan balapan dengan status wild card di Valencia, yang dimulai saat sesi latihan bebas 1 (FP1) pada Jumat (11/11). Perlu diketahui, ini bukan kali pertama KTM tampil di MotoGP. Pabrikan Austria itu pernah memasok mesin untuk tim balap dan motor Kenny Roberts Senior di Proton Team KR pada 2005. Mesin yang dipasok berkapasitas 990cc V4 dan awalnya didesain sebagai bagian dari proyek GP1, tapi tidak dilanjutkan oleh KTM pada 2003.

Meski sebelumnya hanya hadir sebagai pemasok mesin, namun jangan tanya prestasi KTM di kelas ringan (125cc). Karena mereka tercatat meraih kesuksesan di kelas ‘capung’, ketika memenangi balapan 125cc bersama Casey Stoner di Grand Prix Malaysia pada 2004. Lalu, pada 2013, mereka memenangi setiap balapan Moto3, dan merebut dua gelar juara konstruktor. KTM juga memiliki pengalaman di kelas medium (250cc), dengan KTM 250 FPR debut pada 2005 dan memenangi GP Turki 2006. Hiroshi Aoyama dan Kallio mengoleksi sembilan kemenangan, sebelum kemudian KTM menarik diri pada akhir 2008.

“Awal di Valencia akan menjadi momen yang luar biasa. KTM memperkenalkan motor baru, dan ini merupakan kehormatan besar untuk menjadi salah satu pembalap yang balapan pertama kalinya buat tim ini,” ucap Kallio.

“Keseluruhan musim ini telah berjalan hebat, dan saya tidak dapat membayangkan cara yang lebih baik untuk mengakhiri musim. Pastinya, akhir pekan ini akan luar biasa bagi saya dan seluruh staf KTM. Tim akan mendapatkan pengalaman berharga saat bekerja di bawah tekanan, dan saya akhirnya bisa menikmati MotoGP lagi,” imbuh rider asal Finlandia tersebut.

“Saya tidak mau berada di barisan belakang dalam balapan ini. Saya akan fokus kepada target pribadi setelah latihan bebas. Saya bisa balapan tanpa merasa tertekan, dan saya percaya, saya akan tampil bersemangat ketika lampu merah padam (tanda start lomba dimulai),” pungkas pembalap berusia 34 tahun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *