Masih Pakai Winglet Saat Tes, Ini Alasan Ducati

Ada pemandangan menarik ketika Jorge Lorenzo menjalani rangkaian tes pasca musim bersama Ducati di Valencia pekan lalu. Ya, motor Desmosedici GP 17 yang digeber Lorenzo di Valencia terlihat masih menggunakan sayap depan tambahan atau winglet.

masih-pakai-winglet-saat-tes-ini-alasan-ducati

Sesuai dengan regulasi baru yang telah disepakati bersama, penggunaan winglet memang dilarang mulai musim depan. Namun pada tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pekan lalu, terlihat Ducati masih membiarkan sepasang winglet menghiasi motor yang digunakan Lorenzo dan juga Andrea Dovizioso. Secara logika, ujicoba perangkat itu akan sia-sia mengingat winglet dilarang musim depan. Lantas, apa alsan Ducati masih menggunakan winglet saat tes di Valencia?

Hingga kini pihak Ducati memang belum memberikan keterangan resmi mengapa pabrikan asal Italia itu masih menggunakan winglet pada Desmosedici GP17. Banyak kalangan menilai bahwa Ducati menyimpan strategi dengan membiarkan motor mereka masih terdapat sayap tambahan.

Mantan pembalap Ducati, Cal Crutchlow, angkat bicara menyusul kejanggalan tersebut. Pembalap yang saat ini memperkuat LCR Honda percaya bahwa Ducati punya tujuan khusus menguji ‘instrumen haram’ tersebut.

“Mereka menyimpan beberapa alasan tetap menggunakan sayap tersebut. Sejauh yang saya tahu tentang cara mereka (Ducati) bekerja, mereka sangat pintar,” kata Crutchlow.

Sebagai informasi, winglet merupakan instrumen tambahan berupa sayap berukuran kecial yang terpasang pada body motor. Penggunaan winglet ini disinyalir mampu menambah downforce (tekanan ke tanah) motor sehingga motor bisa lebih stabil saat melaju kencang. Ducati merupakan salah satu pionir penggunaan winglet mulai tahun 2014 yang lalu.

Larangan penggunaan winglet diumumkan tahun ini. Federasi balap internasional (FIM), Dorna Sport selaku operator MotoGP serta asosiasi tim balap sepakat bahwa perangkat winglet haram di musim 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *