Marquez: Rossi Berpengalaman, Tapi Vinales Terlihat Lebih Cepat

Marc Marquez meyakini Maverick Vinales akan menjadi kandidat juara dunia pada MotoGP musim ini. Pernyataan juara dunia MotoGP 2016 itu keluar setelah melihat penampilan impresif Vinales ketika tes pramusim di Sepang, Malaysia, awal pekan kemarin.

marquez-rossi-berpengalaman-tapi-vinales-terlihat-lebih-cepatSeperti diketahui, Vinales bergabung ke Yamaha sebagai pengganti Jorge Lorenzo yang memilih hengkang ke Ducati. Sebelum tampil sebagai yang tercepat pada tes pramusim Sepang, Vinales juga sudah menunjukkan penampilan bagus saat melakoni tes akhir musim bersama Yamaha di Valencia akhir tahun lalu.

Penampilan Vinales yang langsung nyetel dengan Yamaha YZR-M1 itulah yang membuat Marquez berani menaruh Vinales sebagai salah satu penantang perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017.

“Saya pikir (Vinales) siap bertarung untuk kejuaraan. Dan untuk memenanginya. Begitu pula Valentino dan (Dani) Pedrosa, sementara Lorenzo kesulitan karena dia masih baru beberapa hari bersama Ducati,” ujar Marquez, seperti dilansir oleh laman La Gazzetta dello Sport.

Marquez bahkan meyakini Vinales bisa saja menjadi ancaman besar. Meski begitu, pembalap Respol Honda itu tetap mewasdai Valentino Rossi.

“Saya juga berpikir duo pembalap Yamaha akan sangat sulit dikalahkan dalam pertarungan untuk gelar juara. Maverick mengendarai motor sangat cepat dan terasa sangat nyaman dengan Yamaha, tapi ketika kejuaraan dimulai, maka semuanya berbeda,” imbuh Marquez.

“Saya tidak tahu apakah dia akan menjadi ancaman terbesar (dibandingkan Rossi), karena Valentino lebih berpengalaman dan lapar gelar juara. Dia di depan setiap Minggu. Dan dalam kasus apa pun, dalam hal kecepatan, saya melihat Maverick sebagai pembalap terkuat,” sambung The Baby Alien.

Marquez lalu menyatakan bahwa ia juga tak yakin rivalitas Vinales dan Rossi akan memberikan keuntungan padanya. Rider asal Spanyol itu beranggapan bahwa kedua rivalnya itu sama-sama akan tampil kompetitif.

“Apakah saya ingin mereka saling bertarung? Ya dan tidak, karena setiap Anda mencoba untuk mengalahkan rekan setim Anda, Anda mengendarai motor lebih cepat dari sebelumnya. Pada akhirnya, dia (rekan setim) adalah rival pertamanya,” kata Marquez.

Sedangkan mengenai Lorenzo yang tahun ini akan mengendarai Ducati, Marquez menilai bahwa Porfuera akan mampu bertarung dalam kemenangan pada awal musim. Namun Marquez tak yakin Lorenzo akan bisa bersaing di jalur juara karena harus beradaptasi dalam waktu panjang dengan Desmosedici GP17.

“Dia akan kompetitif dalam banyak balapan. Dia mungkin menang di Qatar, sirkuit di mana Jorge dan Ducati akan sangat kencang. Tapi untuk kejuaraan, saya pikir Yamaha adalah ancaman terbesar,” tegas Marquez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *