Lorenzo: Beda Tim dengan Rossi Akan Lebih Baik

Jorge Lorenzo akan menjadi pembalap yang paling disorot pada race terakhir MotoGP 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan ini. Setelah lomba di Valencia (13/11), Lorenzo secara resmi akan berpisah dengan Yamaha untuk pindah ke Ducati mulai musim depan. Usai GP Valencia juga X-Fuera akan melakoni tes pasca musim bersama Desmosedici GP 17.

lorenzo-beda-tim-dengan-rossi-akan-lebih-baik

Bisa dibilang, lomba di Valencia adalah perpisahan Jorge Lorenzo bersama Yamaha yang sudah ia bela selama 9 tahun. Yamaha sendiri merupakan tim pertama yang dibela oleh pembalap asal Spanyol sejak ia naik kelas ke MotoGP pada tahun 2008 yang lalu.

Dalam sesi jumpa MotoGP Valencia 2016 pada Jumat (11/11) dini hari WIB, Lorenzo langsung dicecar pertanyaan soal persiapan balapan terakhirnya bersama Yamaha. Dan tak kalah penting ialah kesimpulan pertarungannya dengan Valentino Rossi, legenda balap GP Motor dunia yang berbagi garasi selama 7 musim dengannya.

“Saya pikir sekarang (beda tim dengan Rossi) akan lebih baik, karena kini kita telah saling belajar dari satu sama lain, tapi kami nantinya akan berada di tim yang berbeda. Apa yang kita pelajari dari satu sama lain tentunya dapat kita letakkan di atas lintasan,” ujar Lorenzo, seperti dilansir oleh laman Crash.

“Sebelum awal pekan depan, ketika kami masih berada di tim yang sama. Seseorang harus menyelesaikan balapan di depan yang lain. Tapi sekarang mungkin kami bisa mengambil keuntungan dari apa yang telah kami pelajari dari pihak lain,” imbuh juara dunia MotoGP tiga kali tersebut.

Meski dalam beberapa tahun terakhir hubungannya dengan Rossi sedikit buruk, namun Lorenzo mengungkapkan bahwa ia tetap merasa berat meninggalkan tim yang sudah membesarkan namanya.

“Tentu saja akan ada perasaan campur aduk. Saya sendiri ingin mencoba dan menyelesaikan dengan cara yang terbaik dengan Yamaha, karena mereka telah memberi saya banyak hal di sepanjang karier saya. Sekarang kami berada di lintasan yang cocok dengan gaya saya, terutama pada beberapa tahun belakangan. Jadi saya pikir jika cuaca terus baik seperti ini, dan ban bekerja optimal. Kami memiliki peluang bagus untuk memperjuangkan kemenangan, atau setidaknya untuk finis di podium,”  tandas rider berusia 29 tahun tersebut.

Menanggapi hubungannya dengan Rossi, Lorenzo menjawab: “Situasi saat ini memang aneh, karena saya sudah bertahun-tahun dengan orang yang sama (Rossi), dengan motor yang sama (Yamaha), dan sayangnya Anda harus beralih ke tim lain, serta menemukan hal-hal baru. Namun sekarang saya masih memiliki tiga hari lagi dengan Yamaha, dan ketika saya menyelesaikan lomba hari Minggu tepat pukul 15:00, maka saya baru akan berpikir soal motor tim saya berikutnya.”

Seperti kita tahu, Jorge Lorenzo akan pindah ke Ducati mulai tahun 2017 mendatang. Oleh pabrikan yang berbasis di Italia tersebut, Lorenzo dikontrak selama dua tahun hingga 2018. Ia akan bertandem dengan Andrea Dovizioso dalam membela panji merah Ducati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *