Lebih Cepat Saat Tes, Stoner Tak Yakin Bisa Bantu Lorenzo Beradaptasi

Casey Stoner tak begitu yakin dia bisa membantu Jorge Lorenzo cepat beradaptasi dengan Desmosedici GP. Pernyataan itu ia ungkapkan usai keduanya melakoni tes pramusim di Sepang, dimana Stoner justru bisa tampil lebih cepat dibanding Lorenzo.

lebih-cepat-dari-lorenzo-stoner-tak-yakin-bisa-bantu-beradaptasi

Diluar dugaan, Lorenzo memang tampil tak memuaskan seet menjalani tes pramusim perdana MotoGP 2017 awal pekan kemarin di Sirkuit Sepang, Malaysia. Pembalap anyar Ducati itu berada di posisi ke-17 pada tes hari pertama, Senin (30/1). Lorenzo hanya mampu mencatatkan waktu terbaik 2 menit 01,329 detik.

Penampilan kurang menggigit di Sepang pun juga membuat Lorenzo sendiri cukup terkejut, meski ia mengaku tak kecewa dengan hasil tersebut. Tiga kali juara dunia MotoGP kelas utama itu mengungkapkan bahwa dirinya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan motor Ducati. Lorenzo mengungkapkan kesulitannya untuk mengubah gaya balap, demi menyesuaikan diri dengan Desmosedici GP17, terutama saat pengereman.

Berbanding terbalik dengan Lorenzo, Stoner yang tampil di Sepang sebagai pembalap tes Ducati justru meraih catatan waktu lebih baik dibanding Lorenzo. Mantan juara dunia MotoGP dua kali bersama Ducati dan Honda itu tampil lebih kencang dari Lorenzo dengan catatan waktu 1,7 detik lebih kencang dari Porfuera.

Di hadapan para media saat tes pramusim Sepang hari kedua, Selasa (31/1), Stoner mengatakan bahwa Lorenzo hanya membutuhkan waktu lebih untuk membiasakan diri dengan Desmosedici GP17.

“Saya tidak tahu apakah saya bisa banyak menolong dia (Lorenzo). Sudah lama dia membalap untuk satu pabrikan, lebih dari siapa pun di paddock ini selain Dani (Pedrosa),” ujar Stoner, seperti dilansir laman Motorsport.

“Akan butuh waktu bagi dia untuk beradaptasi. Mereka (Yamaha dan Ducati) berlawanan kutub dalam banyak cara, dengan tenaga mesin dan karakteristik,” imbuhnya.

“Dia akan sedikit membutuhkan waktu. Tapi saya telah bicara dengan dia (pada Senin), dia cukup semangat dan melakukan tahap demi tahap. Dia mencoba sesuatu, dan melihat apakah akan ke arah itu atau tidak. Akan membutuhkan waktu, dan kami punya itu sebelum balapan pertama,” tegas Lorenzo.

Meski tak begitu yakin bisa membantu Lorenzo beradaptasi lebih cepat, Stoner mengaku tidak mengkhawatirkan situasi yang dihadapi Lorenzo di Ducati.

“Saya tidak terlalu khawatir pada titik ini, hanya perlu untuk membiarkan Jorge dan Cristian (Gabbarini, Crew Chief), bekerja sama dengan tim dan menemukan keseimbangan di mana ia merasa nyaman,” ujarnya.

“Cristian tampaknya cukup senang bekerja dengan Jorge dan mengikuti arah dan kejelasannya. Segalanya tampak benar-benar baik,” tutup Lorenzo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *