Kurang Cepat di Sepang, Lorenzo Terkejut

Jorge Lorenzo mengaku terkejut dengan hasil tes pramusim pertama MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Senin (30/1) kemarin. Pembalap anyar Ducati itu tampil tak terlalu memuaskan, dimana ia kalah cepat dari pembalap tes Ducati, Casey Stoner yang justru menjadi pembalap tercepat saat tes di Sepang.

kurang-cepat-di-sepang-lorenzo-terkejut

Seperti dilaporkan oleh laman Motorsport, Lorenzo tercecer di urutan ke-17 pada tes pramusim di Sepang, Senin (30/1) pagi waktu setempat. Ia mencatatkan waktu 2 menit 01,350 detik, atau jauh lebih lambat 1,669 detik dari Stoner. Gap lebih dari 1 menit itulah yang membuat Lorenzo sendiri terkejut.

Dalam keterangannya, Lorenzo menyatakan bahwa ia masih harus ‘memodifikasi’ gaya balapnya agar sesuai dengan karalter motor Desmosedici GP17.

“Segalanya lebih mudah di Valencia, karena saya mengendarai motor kurang lebih seperti sembilan musim terakhir. Dan catatan waktu ada di sana,” ujar Lorenzo.

“Akan tetapi, disini mengendarai dengan cara sama cukup sulit untuk tampil kencang. Jadi saya memahami bagaimana motor menuntut gaya balap berbeda dibanding kebiasaan saya,” lanjutnya.

“Saya mencetak catatan waktu dengan ban lama. Seharusnya saya bisa meningkatkan beberapa 0,1 detik ketika terlalu panas. Tapi ada trek panjang di sana, terutama saat mengerem.”

“Saya terbiasa banyak mengerem lebih awal dan saya banyak kehilangan saat mengerem. Motor ini biasanya dikemudikan dengan cara berlawanan. Jadi, hingga saya belajar bagaimana mengeluarkan performa terbaik motor, maka akan sulit untuk menjadi salah satu yang terkencang,” tegas pembalap asal Spanyol itu.

Saat ditanya apakah ia kecewa dengan hasil tes pramusim Sepang, Lorenzo menjawab:

“Tidak kecewa, tapi saya cukup terkejut karena saya mengharapkan kurang lebih sama seperti saat tes di Valencia. Tapi saya sangat, sangat jauh.”

“Apa yang membuat saya percaya diri adalah kami melakukan peningkatan besar selama hari pertama ini,dan juga tiga dari empat Ducati ada di posisi teratas. Ini menunjukkan bahwa motor punya potensi untuk tampil sangat kencang, setidaknya untuk satu lap.”

“Sedikit demi sedikit kami semakin lebih dekat, dan besok kami akan lebih dekat jika cuaca baik,” tutup Lorenzo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *