December 1, 2021

AutoLive

Automotive Live News

Kawasaki Belum Ada Niatan ‘Comeback’ ke MotoGP

Kawasaki Sanggah Rumor Kembali ke Balap MotoGP – Kawasaki nampaknya belum punya niatan untuk melakukan ‘comeback’ ke ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Meski kabar kembalinya Kawasaki ke MotoGP santer dihembuskan dalam beberapa waktu terakhir, namun hingga kini para petinggi MotoGP menyatakan belum ada bukti nyata soal comeback-nya pabrikan asal Jepang tersebut.

tom-sykes-on-wsbk

Isu bakal kembalinya Kawasaki ke ajang balap MotoGP memang mencuat semenjak pebalap Technomag Racing Interwetten Moto2, Dominique Aegerter diundang oleh tim pabrikan Jepang itu untuk menjalani uji coba. Rider asal Swiss itu mengaku telah diundang oleh Kawasaki Factory untuk menguji coba sebuah motor prototipe. Meski begitu, Aegerter sendiri belum tahu lebih detail.

“Saya sama sekali belum mendengar apapun soal niatan Kawasaki kembali ke MotoGP,” ujar pimpinan Monster Yamaha Tech 3 sekaligus Presiden Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), Herve Poncharal.

Sementara itu, CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta menyatakan bahwa hingga kini pihak penyelenggara belum melihat adanya indikasi kembalinya Kawasaki ke MotoGP.

“Kami sama sekali belum menerima informasi yang mengindikasi niatan Kawasaki untuk kembali turun di MotoGP,” tuturnya.

Rumor bakal comeback-nya Kawasaki ke MotoGP pun juga disanggah oleh prinsipal Kawasaki Racing yang berlaga di ajang World Superbike Championship (WSBK), Ichiro Yoda.

Yoda menyatakan bahwa saat ini Kawasaki memang belum berencana untuk kembali turun di ajang MotoGP. Salah satu penyebab enggannya Kawasaki kembali ke MotoGP adalah soal biaya pembentukan tim yang begitu tinggi.

“Pembuatan tim agar bisa kompetitif di sana (MotoGP) sangat mahal. Kami masih belum punya niatan untuk kembali,” terang Yoda, seperti dilansir oleh laman Crash, (14/12).

Mundur dari ajang MotoGP tak membuat Kawasaki serta merta meninggalkan ajang balap motor kelas dunia. Kini, pabrikan yang identik dengan warna hijau itu memilih berfokus pada ajang WSBK. Kiprah Kawasaki di WSBK memang terhitung cukup gemilang. Terakhir, tahun 2015 ini mereka berhasil mengantarkan Jonathan Rea menjadi juara dunia ajang balap motor versi produksi tersebut.

Seperti kita tahu, Kawasaki terakhir kali tampil di ajang MotoGP adalah pada tahun 2008 silam. Alasan krisis ekonomi yang berimbas ke dunia otomotif, termasuk gelaran MotoGP membuat Kawasaki memilih untuk mundur. Sebenarnya pada tahun 2010 Kawasaki sempat tampil di ajang MotoGP, namun hanya sebagai tim privateer dengan rider-nya Marco Melandri.

Comeback Kawasaki ke ajang MotoGP memang cukup menarik untuk ditunggu. Pasalnya beberapa pabrikan lain yang sempat vakum dari MotoGP memutuskan untuk kembali ‘turun gunung’. Pabrikan seperti Aprilia dan Suzuki sudah memastikan akan kembali ke MotoGP mulai musim depan. Sementara KTM akan tampil dengan jatah wild card pada musim 2016, dan akan tampil penuh pada musim 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *