Jelang MotoGP Valencia: Debut KTM, Catatan Sejarah dan Kenangan Rossi-Honda

Tiga kelas MotoGP masing-masing sudah menghasilkan juara dunia. Marc Marquez merajai kelas utama MotoGP, Johann Zarco jadi jawara Moto2 dan Brad Binder jadi kampiun Moto3. MotoGP pun akan memasuki seri pamungkas dari kalender 2016 yang penuh drama dan aksi-aksi menawan para rider kelas dunia. Race terakhir MotoGP 2016 akan dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Communitat di Valencia pada Minggu (13/11) akhir pekan nanti.

jelang-motogp-valencia-debut-ktm-catatan-sejarah-dan-kenangan-rossi-honda

Selain akan menjadi seri penutup dari kalender MotoGP musim 2016, GP Valencia juga akan menyajikan beberapa suguhan istimewa yang pastinya akan membuat musim 2016 menjadi semakin berkesan bagi penggemar balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Sajian istimewa yang pertama adalah bakal hadirnya tim baru di Valencia. Ya, Red Bull KTM Factory Racing akan melakoni debut di MotoGP dengan Mika Kallio sebagai pembalapnya.

Pabrikan asal Austria tersebut akan tampil perdana di ajang MotoGP pada seri pamungkas di Valencia. Selanjutnya, KTM akan tampil penuh di MotoGP mulaim musim 2017 yang akan datang. Selain debut KTM di kelas utama, hal menarik lain yang patut ditunggu adalah kiprah Valentino Rossi di Valencia.

Meski sudah mengamankan status sebagai runner-up dunia, Rossi diprediksi akan tampil habis-habisan di Valencia. Selain untuk menjaga reputasinya, The Doctor sendiri akan menuntaskan rasa penasarannya di Valencia.

Setelah sempat memenangkan lomba kelas bergengsi di Sirkuit Ricardo Tormo pada 2003-2004, The Doctor hingga saat ini belum pernah lagi mencicipi podium teratas di sana. Tapi dia punya modal finis podium 2 pada balapan terakhir di Malaysia. Misinya di Negeri Matador kali ini boleh dibilang hanya untuk mempertahankan gelar juara dunia konstruktor tim, sambil melihat kans di gelar juara dunia konstruktor pabrikan.

Suguhan lain yang kemungkinan besar akan tersaji di Valencia adalah catatan sejarah bagi pembalap-pembalap MotoGP. Saat ini MotoGP sudah melahirkan 9 pembalap berbeda yang masing-masing menjuarai tiap seri. Dimana pembalap berbeda terakhir yang mampu meraih podium teratas adalah Andra Dovizioso dari tim Ducati yang menjuarai GP Malaysia dua pekan lalu.

Jika di Valencia nanti muncul juara seri baru, maka MotoGP 2016 akan kembali mencatatkan sejarah baru dimana ada 10 rider berbeda yang mampu memenangi lomba dalam satu musim. Akankah sejarah itu tercipta di Valencia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *