Jack Miller Punya Opsi di Luar Honda Jika Kontraknya Berakhir

Jack Miller membuka kemungkinan membalap di luar Honda pada tahun 2018 mendatang. Opsi berpindah tim dari Honda itu akan ia ambil karena kontraknya di tim Marc VDS Racing berakhir pada akhir musim 2017 ini.

jack-miller-punya-opsi-di-luar-honda-jika-kontraknya-berakhir

Miller yang melompat langsung dari kelas Moto3 ke kelas utama pada tahun 2015 memang mencatatkan prestasi fenomenal pada musim 2016 kemarin. Catatan satu kemenangan pada musim lalu menjadi bukti sahih bahwa Miller merupakan salah satu pembalap muda paling potensial di MotoGP.

Miller sendiri dikontrak selama 3 musim oleh Honda Racing Corporation (HRC). Ketika naik ke kelas MotoGP, Miller tergabung dengan tim satelit LCR Honda. Namun musim lalu, pembalap asal Australia itu pindah ke tim Marc VDS Racing.

Musim ini, Miller tetap bertahan di tim Marc VDS meski sempat digosipkan akan pindah ke tim pabrikan pada penghujung 2016.

Dalam wawancara dengan Motorsport, Miller menegaskan bahwa Honda masih menjadi prioritasnya dalam kesepakatan di masa depan. Namun ia tak memungkiri untuk pindah ke pabrikan lain jika memang ada tawaran yang menarik untuknya.

“Soal itu (pindah dari Honda) belum. Kami mendapatkan tawaran dari beberapa orang, kami tetap membuka opsi, hanya mencoba untuk mendapatkan lebih,” ucap Miller ketika ditanya apa rencananya jika kontrak dengan Honda berakhir musim ini.

“Kami mengakhiri musim cukup kuat tahun lalu, setelah cedera yang saya alami selama pertengahan musim. Dan saya mencoba untuk memulai musim baru dengan kuat, agar kami bisa melihat di mana posisi pada pertengahan tahun,” imbuhnya.

“Tentunya, ada penawaran lain di luar sana. Saya ingin bertahan dengan Honda, karena saya bekerja keras selama tiga tahun terakhir pada motor yang belum menunjukkan performa terbaik. Jadi, saya ingin bertahan ketika motor berperforma bagus. Tapi kita lihat nanti seperti apa opsinya,” tegas Miller.

Kandidat Pengganti Pedrosa di Repsol Honda

Jack Miller sendiri disebut-sebut sebagai permata milik Honda. Prestasinya sejak naik ke MotoGP kelas premier memang tak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu pula lah yang membuat Honda nampak begitu berat melepas Miller.

Dengan mayoritas kontrak para pembalap pabrikan akan berakhir pada 2018, maka konstelasi pembalap di masing-masing tim MotoGP akan terjadi perubahan besar. Khusus untuk Repsol Honda, kontrak dua pembalap utama mereka, yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa, juga akan berakhir pada penghujung tahun 2018.

Jika memang Repsol Honda akan melakukan perubahan komposisi pembalap, maka salah satu antara Marquez dan Pedrosa akan meninggalkan kursi pembalap tim Sayap Mengepak tersebut. Peluang untuk dipertahankan Honda jelas Marquez, mengingat usia The Baby Alien lebih muda dibanding Pedrosa. Selain itu, Marquez juga bisa dibilang lebih potensial untuk menjadi juara dunia daripada Pedrosa. Nah, slot kursi pembalap di Repsol Honda itulah yang digadang-gadang akan diisi oleh Miller, jika kelak memang salah satu diantara Marquez atau Pedrosa hengkang dari Honda.

Menanggapi peluangnya untuk “naik” ke tim Repsol Honda pada 2019, Miller mengaku bahwa performa pada MotoGP musi 2017 akan menjadi kunci. Jika pada musim ini mampu tampil baik, maka peluang Miller untuk menggantikan salah satu pembalap di pabrikan Honda akan terbuka lebar.

“Sudah tentu mereka (Repsol Honda) akan memperhatikan (performa saya). Saya tidak tahu apakah Dani akan tetap bertahan atau tidak setelah 2018,” ujarnya.

“Kami baru saja memulai musim 2017. Jadi, sulit untuk membicarakan tentang hal ini. Tapi kami akan mencoba dan melakukan pekerjaan baik,” tutur Miller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *