Ini Penjelasan Yamaha Soal Motor Rossi yang ‘Meleduk’

Yamaha Beberkan Penyebab Motor Rossi yang Berasap di Mugello – GP Italia yang berlangsung di sirkuit Mugello pekan lalu menyisakan spekulasi menarik soal penyebab berasapnya motor Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Valentino Rossi. Usai lomba yang akhirnya dimenangi secara dramatis oleh Jorge Lorenzo itu, spekulasi penyebab ‘meleduknya’ motor Rossi memang terus berkembang.

yamaha-beberkan-penyebab-motor-rossi-yang-berasap-di-mugello

Seperti kita tahu, Rossi memang gagal finish di Mugello setelah motor Yamaha YZR-M1 yang ditungganginya mengalami kerusakan teknis sebelum lap ke-11. Pasca kejadian, The Doctor mensinyalir bahwa penyebab berasapnya motor miliknya adalah seized engine, atau kondisi dimana beberapa bagian mesin kehilangan pelumas dan mulai terkikis, baik karena gesekan, panas, atau kegagalan mekanis lainnya.

Selain Rossi, ada beberapa analisis lain yang mencuat, paling baru berasal dari tim Yamaha Movistar sendiri. Dengan demikian, dibanding yang lain, analisis darinya nampaknya yang paling sahih untuk dipercaya.

Lantas, bagaimana pendapat tim Yamaha Movistar soal hal itu? Seperti dilansir laman Motorsport, mekanik tim Yamaha menyatakan bahwa penyebab berasapnya motor Valentino Rossi adalah mesin yang mengalami overrev pada trek lurus utama di sirkuit Mugello. Overrev sendiri sederhananya adalah masalah dimana putaran mesin yang mengalami batas normal.

Beberapa detik sebelum kejadian itu, pada trek lurus utama sirkuit Mugello, ban belakang M1 yang digeber Rossi berputar di udara sehingga kehilangan grip. Nah pada momen inilah rev per menit meningkat. Bahkan, ban belakang berputar hingga 380 km/jam, padahal top speed Yamaha YZR-M1 ‘hanya’ mencapai 341 km/jam.

Namun pertanyaannya, mengapa kejadian yang menimpa Rossi baru terjadi tahun ini?┬áMenurut sumber, hal ini disebabkan karena Yamaha punya perangkat elektronik baru. “Perangkat elektronik baru kurang canggih dan kurang presisi dalam mengantisipasi masalah ini sehingga berakibat pada pengaturan pengapian saat terjadi overreving seperti proses ignition cut-off,’ kata salah seorang sumber internal Yamaha.

Selain penjelasan secara mekanis tadi, kemungkinan lain berasapnya motor Rossi adalah kurangnya udara bersih untuk mendinginkan mesin. Hal ini karena hampir sepanjang trek sebelum kejadian, Rossi terus menerus menempel Jorge Lorenzo sehingga motornya tidak mendapat udara bersih yang berguna menjaga suhu mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *