Ikuti Ducati, Honda Pakai Winglet di MotoGP

Honda Gunakan Winglet pada Motor Barunya di Uji Coba MotoGP 2016 – Tim Repsol Honda akhirnya mengikuti jejak Ducati dan juga Yamaha dengan menggunakan sayap aerodimanis alias winglet pada motor barunya saat menjalani uji coba di Sirkuit Losail, Qatar, pada Kamis (3/3) yang lalu. Seperti kita ketahui, penggunaan winglet diperkenalkan oleh Ducati lalu diikuti oleh Yamaha sepanjang musim MotoGP 2015 lalu.

honda-gunakan-winglet-pada-motor-barunya-di-uji-coba-motogp-2016

Penggunaan winglet pada motor Honda ini mendapat sambutan positif dari rider Repsol Honda. Salah satunya datang dari Dani Pedrosa.

“Mereka mengubah perasaan kita. Tapi kontak pertama berjalan baik,” ujar Dani, seperti dilansir dari laman Eurosports, Jumat (4/3).

Menurut pembalap asal Spanyol tersebut, penggunaan winglet memang ada sisi positifnya.

“Tapi itu hanya prototipe pertama, dan saya, kita, dan kami mengubah beberapa hal untuk memperbaiki aspek aerodinamis,” tambah Pedrosa.

Sementara itu, Marc Marquez mengungkapkan hal serupa soal penggunaan winglet pada motor Honda yang ditungganginya dalan uji coba. Namun menurut Marquez, winglet tersebut masih harus disempurnakan dengan penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

Sebagai informasi, sayap tambahan pada body samping alias winglet didesain untuk memberikan efek downforce atau gaya tekan ke bawah pada ban depan. Penggunaan winglet ini bertujuan untuk meningkatkan traksi dan akselerasi motor.

Winglet sendiri sebenarnya bukan barang baru di ajang balap MotoGP. Pada tahun 1999, Max Biaggi sempat menambahkan winglet pada motornya, namun meninggalkannya setahun berikutnya.

Sementara itu, Danny Aldridge selaku MotoGP Technical Director menjelasakan bahwa winglet tidak boleh melebihi panjang fairing, yakni maksimal 60 cm. Selain itu, jika winglet pecah maka pembalap bisa didiskualifikasi.

Ducati, yang kembali mempopulerkan penggunaan winglet pada musim 2015 lalu memang mendapatkan hasil yang cukup baik dengan penggunaan piranti tersebut. Ke depannya, menurut General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna, penggunaan winglet akan menjadi fokus pengembangan semua tim MotoGP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *