Hungaria Siap Gelar MotoGP 2018, Bagaimana Nasib Indonesia?

Rencana Indonesia untuk bisa menggelar balapan MotoGP 2018 nampaknya akan menemui sedikit jalan terjal. Hal ini kerena Indonesia mendapat ‘pesaing’ baru dalam penyelenggaraan MotoGP tahun 2018 mendatang.

hungaria-siap-gelar-motogp-2018-bagaimana-nasib-indonesia

Seperti kita tahu, Indonesia sebelumnya sudah menyiapkan sirkuit baru yang terletak di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, untuk menggantikan Sirkuit Internasional Sentul sebagai arena balapan MotoGP 2018. Namun kans Palembang untuk menggelar MotoGP 2018 sepertinya akan cukup berat karena tiba-tiba Hungaria muncul dengan rencana yang sama, ingin menggelar MotoGP musim 2018.

Seperti dilaporkan oleh Motorsport, Hungaria kini tengah melakukan perubahan besar-besaran agar Sirkuit Budapest bisa masuk dalam kalender MotoGP 2018. Perubahan besar-besaran ini merujuk pada standar Federasi Balap Internasional (FIM).

“Selama pembangunan kami akan membukan komunikasi dengan pejabat FIM agar sirkuit ini dapat memenuhi syarat untuk menggelar MotoGP,” kata CEO Hungaroring, Zsolt Gyulay.

Gyulay menambahkan untuk merealisasikan mimpi mendatangkan Valentino Rossi dkk ke Hungaria. Pemerintah harus memberikan dukungan yang penuh.

“Untuk menggelar balapan MotoGP, pemerintah Hungaria harus memberikan dukungan yang besar. Kami percaya mereka,” jelas Gyulay.

Ini merupakan kedua kalinya Hungaria berniat menjadi tuan rumah. Pada tahun 2009 lalu, mereka sempat melakukan sejumlah renovasi, namun berhenti di tengah jalan lantaran terbentur masalah keuangan.

Perkembangan terbaru dari Hungaria ini tentunya membuat Indonesia tersaingi. Kota Palembang yang membangun Sirkuit Jakabaring murni dari pihak swasta harus bisa menyelesaikan proyek pembangunan tepat waktu. Sirkuit Jakabaring sendiri dibangun dengan 14 tikungan yang terbagi 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan.

Jika Palembang gagal menyelesaikan pembangunan sirkuit secara tepat waktu, maka bukan tidak mungkin jika satu slot kalender MotoGP 2018 akan disabet oleh Hungaria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *