December 7, 2021

AutoLive

Automotive Live News

Gantikan Honda, Triumph Jadi Pemasok Mesin Moto 2

Balapan kelas Moto 2 akan mengalami perubahan pada musim 2019 mendatang. Honda yang sebelumnya menjadi pemasok mesin bagi tim-tim Moto 2 posisinya akan digantikan oleh pabrikan asal Inggris, Triumph. Hal tersebut dipastikan setelah Dorna Sports mencapai kesepakatan dengan Triumph.

gantikan-honda-triumph-jadi-pemasok-mesin-moto-2

Kontrak Honda di Moto 2 sendiri akan berakhir pada tahun 2018. Dan mulai tahun 2019, tim-tim Moto 2 akan mendapatkan suplai mesin dari Triumph. Ya, Triumph bakal kembali ke ajang balap motor dunia setelah sekian lama.

Dengan kepastian Triumph sebagai pemasok mesin Moto 2 mulai musim 2019, maka pabrikan asal Negeri Ratu Elizabeth itu menyisihkan MV Agusta. Selain Triumph, sebelumnya MV Agusta memang sempat santer dikabarkan akan menjadi pemasok mesin Moto 2.

Sebagai informasi, mulai tahun 2010 otoritas MotoGP memang memberlakukan aturan suplier mesin tunggal untuk kelas Moto 2. Honda pun dipilih sebagai pemasok ajang balap satu tingkat di bawah MotoGP tersebut.

Moto 2 merupakan perubahan dari kelas GP 250 cc bermesin 2-tak. Pada GP kelas dua ini, Honda sebagai pemasok mesin tunggal menggunakan mesin empat silinder 4-tak dari generasi Honda CBR600RR.

Setelah sembilan musim dari masa transisi, dan kurangnya ketertarikan dari pihak yang berkepentingan, Dorna pun memutuskan untuk mencari alternatif.
Menurut laporan dariĀ Speedweek, pembicaraan pertama berlangsung dengan MV Agusta. Namun, mereka akhirnya mengesampingkan proyek ini karena alasan biaya.

Opsi kedua membawa kepada Triumph, yang menyambut baik untuk terlibat di kejuaraan dunia MotoGP, dan akan memasok setiap tim dengan mesin 3 silinder berkapasitas 750cc, serta menghasilkan sekitar 160 tenaga kuda.

Triumph dan Dorna dikabarkan telah menandatangani perjanjian, dan tampaknya akan diumumkan saat seri pembuka musim 2017 di Qatar pada 26 Maret mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *