Gagal Juara Dunia, Rossi-Yamaha Sembunyikan Data M1 2017 dari Lorenzo

Menjelang seri pamungkas MotoGP 2016 di Valencia akhir pekan ini, situasi di luar lintasan justru semakin memanas. Dari kubu Yamaha, tersiar kabar bahwa pabrikan Garpu Tala tersebut sengaja membatasi informasi mengenai YZR-M1 2017 dari Jorge Lorenzo. Hal ini memang terkait fakta bahwa Lorenzo akan meninggalkan Yamaha untuk pindah ke Ducati di akhir musim ini.

gagal-juara-dunia-rossi-yamaha-sembunyikan-data-m1-2017-dari-lorenzo

Namun kabar lain menyebutkan bahwa Yamaha dan Valentino Rossi memang menyembunyikan informasi data teknis motor M1 2017 yang akan digunakan pada musim depan dari Jorge Lorenzo. Hal ini karena Rossi-Yamaha menganggap kebocoran data teknis motor adalah salah satu penyebab kegagalan Yamaha mempertahankan gelar juara dunia pada musim ini.

Seperti sudah banyak diulas menjelang akhir musim 2016, motor tim Honda RC213V yang ditunggangi Marc Marquez awalnya kesulitan menandingi Yamaha YZR-M1 musim ini. Buktinya, Movistar Yamaha meraup lima kemenangan dari tujuh seri awal, dengan Lorenzo menyumbang tiga gelar seri, sementara Rossi dua, sedang Marquez juga sudah meraih dua.

Namun sejak The Doctor menang di MotoGP Catalunya (seri 7), Yamaha puasa kemenangan hingga MotoGP Malaysia (seri 17). Dalam periode itu Honda ganti mendominasi dengan tujuh gelar seri (Marquez 3, Cal Crutchlow 2, dan Jack Miller 1), dengan Ducati sempat meraih dua kemenangan, masing-masing satu via Andrea Iannone, dan Andrea Dovizioso.

Soal menurunnya performa Yamaha pada pertengahan musim, Rossi pun angkat bicara. Menurut pembalap asal Italia tersebut, periode panjang paceklik kemenangan Yamaha akibat pengembangan motor YZR-M1 tim asal Iwata, Jepang, tersebut seakan jalan di tempat khususnya di setengah musim teakhir. Sedang Honda mampu mengejar ketinggalan mereka di awal usai menemukan setelan peralatan elektronik yang tepat, plus tentunya kekuatan mesin yang lebih cepat.

Rossi berpendapat bahwa seharusnya  kalau Yamaha memang berniat menggondol juara dunia musim 2016. Mereka tak boleh terlena dengan keunggulan motor mereka di awal musim, dan terus mengembangkan potensi YZR-M1 habis-habisan agar tak kalah dari RC213V.

Situasi semakin panas ketika salah satu media asal Spanyol merilis informasi bahwa melempemnya performa Yamaha pada 10 seri sejak pertengahan musim bukannya tidak mau mengembangkan YZR-M1 buat 2017 di setengah akhir musim ini. Tapi Yamaha tetap mengembangkan motornya, namun mereka tidak menaruh hasil kemajuan selama riset ke motor 2016.

Oleh karena itulah, Yamaha menyembunyikan data pengembangan YZR-M1 2017 dari Jorge Lorenzo. Hal ini untuk menghindari bocornya data teknis motor yang akan digunakan pada musim 2017 tersebut, mengingat Lorenzo akan pindah ke Ducati pada musim depan.

Karena itu jugalah, Yamaha sama sekali tidak mau membawa hasil riset terbaru, kecuali sasis untuk di uji oleh Rossi dan Lorenzo musim ini. Itulah mengapa Rossi mengatakan motor baru Yamaha nantinya merupakan sebuah motor yang revolusioner. Artinya The Doctor sudah mengetahui YZR-M1 gres pacuannya musim depan, walaupun dia belum pernah sama sekali menjajalnya di lintasan.

“Saya sudah tidak sabar untuk memacu motor baru Yamaha (dalam tes) untuk musim depan. Setelah mendapat hadiah besar, akhirnya saya akan mencoba YZR-M1 baru. Saya sangat penasaran dengan kemampuannya,”  ujar Rossi saat ditanya mengenai persiapan musim 2017 jelang seri terakhir MotoGP di Valencia (13/11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *