Ducati Tanpa Winglet Musim Depan?

Salah satu perubahan aturan MotoGP yang akan berlaku musim depan adalah dilarangnya penggunaan winglet atau sayap tambahan di bagian depan motor. Otoritas MotoGP beranggapan bahwa penggunaan winglet justru bisa membahayakan pembalap, meski pabrikan penggunanya sudah menyesuaikan winglet dengan aerodinamika motor dan memperhatikan sisi keamanan pembalap.

ducati-tanpa-winglet-musim-depan

Salah satu tim yang mempelopori penggunaan winglet di MotoGP adalh Ducati. Ducati sendiri menggunakan sayap tambahan guna menambah downforce (tekanan ke tanah) motor, sehingga motor menjadi lebih stabil. Namun bagaimana nasib Ducati jika penggunaan winglet mulai dilarang musim 2017 mendatang?

Ducati sendiri merasa tidak khawatir terkait larangan penggunaan winglet pada bodi motor di ajang MotoGP. Kita tahu selama ini Ducati merupakan tim yang paling konsisten menggunakan dan mengembangkan fitur baru tersebut.

Pro-kontra mewarnai penggunaan Winglet di MotoGP sejak awal musim 2016 ini. Beberapa tim punya pendapat berbeda untuk menentukan apakah sayap tambahan boleh terpasang di motor Valentino Rossi dkk atau tidak.

Belum lama ini, bos tim Ducati, Gigi Dall’Igna mengungkapkan bahwa timnya tidak terlalu mempermasalahkan keputusan otoritas balap dalam melarang penggunaan winglet. Menurutnya, Ducati bisa mengembangkan motor tanpa fitur tersebut.

“Musim depan, kami akan kehilangan sesuatu pada bagian aerodinamis, dengan pelarangan winglet, tapi ini tidak membuat saya khawatir, (tim) yang lain juga akan kehilangan hal yang sama. Yamaha jelas jadi salah satunya, dan Honda juga sudah memakai winglet yang lebar di beberapa balapan terakhir,” ujar bos tim asal Italia tersebut.

“Kami mungkin paling merasakan akibat dari pelarangan ini, tapi kami sudah punya beberapa ide, bukan cuma terkait aerodinamis. Meski kami punya mesin terbaik kami tetap akan mengembangkan itu. Meski akan sulit membuat perkembangan di area itu, langkah termudah membuat kemajuan adalah pada hal-hal yang kami masih lemah,” lanjut Dall’Igna, seperti dilansir laman Sindo News dari GPOne.

Sebagai informasi, komisi Grand Prix yang terdiri dari Asosiasi Produsen (MSMA), Dorna, FIM, dan Asosiasi Tim MotoGP (IRTA) akhirnya memutuskan peraturan pelarangan penggunaan winglet mulai musim 2017. Keputusan tersebut di ambil saat seri GP Belanda di Sirkuit Assen, (25/5) silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *