Ducati Rajai Tes Jerez, Honda dan Suzuki Alami Kesulitan

Sepekan setelah tes pasca-musim perdana MotoGP di Valencia, beberapa tim kembali beraksi pada tes terakhir di Sirkuit Jerez, Spanyol. Tiga tim papan atas,Honda, Suzuki dan Ducati ambil bagian pada tes terakhir sebelum pergantian tahun tersebut.

ducati-rajai-tes-jerez-honda-dan-suzuki-alami-kesulitan

Pengujian pasca musim 2016 sendiri dihelat pada Rabu-Kamis (23-24/11) pagi waktu setempat. Pada pengujian hari pertama yang digelar Rabu kemarin, Ducati menjadi yang raja dengan menempati posisi empat teratas. Pada tes Jerez, Ducati menurunkan pembalap dari tim satelit mereka, yakni Hector Barbera, Loriz Baz, Alvaro Bautista dan Scott Redding. Dua pembalap utama Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso absen pada tes Jerez. Khusus untuk Lorenzo, Yamaha tak mengijinkan X-Fuera untuk mengikuti tes di Jerez.

Hector Barbera memimpin dengan catatan waktu 1 menit 39,614 detik. Diikuti berturut-turut oleh Loriz Baz (+0,192 detik), Alvaro Bautista (+0,248 detik), dan Scott Redding (+0,471 detik). Yang agak mengejutkan tentu saja Aleix Espargaro dengan Aprilia-nya yang bertengger di urutan lima besar sementara. Catatan waktu tercepat yang dibuat pembalap Spanyol tersebut adalah 1 menit 40,086 detik atau +0,472 detik dari Barbera.

Jika Ducati mampu merajai Jerez, sebaliknya Honda dan Suzuki malah mengalami kesulitan. Tim Suzuki dan Honda masih kesulitan mencatat waktu tercepat. Andrea Iannone masih berada di urutan keenam, tertinggal +0,535 detik dari Barbera. Lalu Jack Miller yang jadi pembalap penguji tim Repsol Honda berada di urutan ketujuh, minus 0,726 dari pembalap tercepat.

Dengan hasil di Jerez hari Rabu kemarin, nampaknya Ducati semakin optimis menatap musim 2017. Sebelumnya, Ducati dengan Jorge Lorenzo menempati posisi ke-3 di belakang duet Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, saat melakoni tes di Valencia.

Hal menarik lainnya dari tes MotoGP Jeres adalah keikutsertaan pembalap dari tim-tim Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK). Juara dunia dua musim terakhir, Jonathan ‘Jhonny’ Rea tampil kompetitif dengan menunggangi motor Kawasaki ZX-10RR. Karena catatan waktunya sejauh ini hanya kalah dari Barbera, yakni +0,125 detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *